Hadis Transformasi Khilafāh; Otentisitas, Pemaknaan dan Perang Ideologi (Kritik Sanad dan Matan)
*M. Khoirul Huda
I.
Pendahuluan
Pasca keruntuhan simbol politiknya pada bulan Maret 1924 oleh
Perlemen Turki, kaum muslimin harus berfikir keras merumuskan bagaimana dan
seperti apa kehidupan politik mereka selanjutnya. Bentuk negara bangsa,
monarkhi, atau bentuk lain yang merepresentasikan lokalitas sepertinya diambil
oleh seluruh bangsa beragama Islam. Sebagian berdiri di atas puing dinasti yang
pernah berdiri sebelumnya, sebagian lagi mengadopsi sistem politik modern
seperti republik, dan yang lain mencoba mengawinkan antara kerajaan dan sistem
perpolitikan modern seperti monarkhi konstitusional-parlementer.
Di tengah kondisi demikian, sebagian orang mengidealkan
negara dengan dasar Islam. Bahkan sebagian lagi memperjuangkan berdirinya suatu
sistem yang dianggap sebagai simbol politik umat Islam yang bersifat
internasional, khilafah. Sebagai justifikasi bahwa khilafah merupakan sistem
yang diridai oleh Nabi, dan selanjutnya oleh Tuhan, mereka menggunakan sebuah
hadis yang secara literal menggunakan redaksi khilāfah. Keberadaan kata khilāfah tersebut dalam hadis disinyalir kuat sebagai dasar keharusan
mendirikan negara khilafah. Terlepas dari pemahaman dan ideologisasi hadis
semacam itu, makalah ini bermaksud memastikan keberadaan hadis tersebut,
melihat ragam penafsiran yang berkembang di sekitarnya, dan selanjutnya
menemukan fungsi ideologis dalam sejarah yang pernah melibatkannya.
Seperti umumnya kajian Hadis, pembicaraan dimulai dengan
melakukan pelacakan sumber hadis (takhrīj), perbandingan riwayat (I’tibār),dan identifikasi kualitas hadis [al-hukm ‘ala al-hadīts). Selanjutnya, penelitian ditujukan pada substansi matan
hadis, untuk mengetahui apakah maksud hadis tersebut berikut
tafsiran-tafsirannya. Apakah ia merupakan perintah, anjuran, sekadar
pemberitaan, atau ada maksud-maksud lain di balik hadis tersebut. Yang terakhir
ini adalah untuk menemukan konteks Hadis. Pembicaraan dilanjutkan pada fungsi
ideologis, yang tentu saja akan menarik jaringan makna yang terkait dengannya
seperti aspek sosio-politik dan sosio-akademik. Kita akan melihat sejauh mana
Hadis berfungsi dalam membentuk cita-cita politik kaum muslimin pada suatu masa
tertentu. Makalah ini akan diakhiri dengan penutup yang berisikan catatan, simpulan
dan sedikit rekomendasi yang ditujukan untuk para peneliti Hadis dan pengguna
Hadis baik untuk kepentingan ideologis-politis maupun lainnya.
II. Takhrīj
Takhrīj merupakan
kegiatan yang bertujuan untuk melacak keberadaan Hadis dalam buku-buku yang
dikenal sebagai kumpulan Hadis. Biasanya Takhrīj dilakukan dengan menggunakan buku-buku kamus Hadis, baik yang
dikarang ulama Islam sendiri maupun para orientalis yang berkecimpung dalam
bidang Hadis. Melalui kamus-kamus tersebut, dapat diketahui letak suatu hadis
yang sedang dicari dalam satu kitab tertentu. Selanjutnya, pen- Takhrīj menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan merujuk
kepada kitab Hadis yang direkomendasikan oleh kamus.
Sampai saat ini, terdapat beragam kamus Hadis yang tersedia.
Baik yang disusun berdasarkan kosa kata, potongan awal Hadis maupun kamus yang
dikarang berdasar tema Hadis.[1]
Kamus yang disusun berdasarkan kosa kata di antaranya Mu’jam
al-Mufahras Li Alfazh al-Hadits al-Nabawi. Sebuah kamus karya Tim Pengkaji
Budaya Timur (oriental) yang diketuai oleh orientalis terkemuka A.J. Wensink. Sedangkan
kamus yang disusun berdasar potongan awal kalimat dalam suatu hadis seperti al-Jāmi’ al-Shaghīr, salah satu karya al-Suyuthi yang banyak dipakai di dunia
pesantren. Sedangkan kamus yang disusun berdasarkan tema-tema yang terdapat
dalam Hadis di antaranya Kanz al-Ummāl fi Sunan al-Aqwāl wa al-Af’āl karya ulama kenamaan India ‘Alā’ al-Dīn ‘Ali al-Muttaqi al-Nahdi
al-Burhanpuri (w. 975 H.) atau Majma‘ al-Zawā’id wa
Manba’ al-Fawā’id karya
al-Hafizh Nur al-Din Ali bin Abi Bakr al-Haitsami (w. 807 H.).
Dalam proses takhrīj ini, penulis memilih menggunakan kamus yang disusun berdasar
tema. Yakni dengan menggunakan dua kamus terakhir. Sebelum melakukan pencarian
melalui metode tematik-maudhu’i, hal paling pokok adalah menentukan
tema. Hadis yang hendak dicari dalam hal ini adalah yang bertemakan khilāfah. Lebih spesifiknya, khilāfah yang mengalami transformasi, atau transformasi khilāfah. Setelah menentukan tema, dan pelacakan dimulai, dari kamus
yang pertama, Kanz al-‘Ummāl,pada bab Kitāb al-Imārah wa
al-Qadhā’, sub bab Lawahiq al-Im ārah min
al-Ikmāl penulis menemukan data
sebagaimana berikut:[2]
No.
|
Redaksi Kanzu al-Ummal/Hadis
|
Rawi Sahabat
|
Kitab Sumber
|
Mukharrij
|
01.
|
15110- "إن
فيكم النبوة، ثم تكون خلافة على منهاج النبوة، ثم تكون ملكا وجبرية" .
"طب عن أبي عبيدة بن الجراح وبشير بن سعد والد النعمان بن بشير".
|
Abu Ubaid bin al-Jarrah, Basyir bin Sa’d
|
al-Mu’jam al-Kabir
|
al-Thabrani
|
02.
|
15111- "إن
هذا الأمر بدأ رحمة ونبوة ثم يكون رحمة وخلافة ثم كائن ملكا عضوضا 1، ثم كائن
عتوا وجبرية 2 وفسادا في الأرض يستحلون الحرير والفروج، والخمور ويرزقون على ذلك
وينصرون حتى يلقوا الله عز وجل" . "طب وأبو نعيم في المعرفة عن أبي
ثعلبة الخشني عن معاذ وأبي عبيدة بن الجراح".
|
Abu Tsa’labah, Mu’adz bin Jabal, Abu Ubaidah bin al-Jarrah
|
al-Mu’jam al-Kabir, Ma’rifat al-
Shahabah
|
al-Thabrani, Abu Nu’aim
|
03.
|
15112- "إن
هذا الأمر بدأ نبوة ورحمة ثم يكون خلافة ورحمة ثم يكون ملكا عضوضا يشربون الخمور
ويلبسون الحرير ويستحلون الفروج وينصرون ويرزقون حتى يأتيهم أمر الله" .
"نعيم بن حماد في الفتن عن حذيفة".
|
Hudzaifah,
|
Ma’rifat al-Shahabah
|
Abu Nu’aim
|
04.
|
15113- "أول
هذه الأمة نبوة ورحمة، ثم خلافة ورحمة، ثم ملك عاض وفيه رحمة، ثم جبروة 1 صلعاء
ليس لأحد فيها متعلق تضرب فيها الرقاب وتقطع فيها الأيدي والأرجل وتؤخذ فيها
الأموال" . "نعيم بن حماد في الفتن عن أبي عبيدة بن الجراح".
|
Abu Ubaidah bin al-Jarrah
|
Ma’rifat al-Shahabah
|
Abu Nu’aim
|
05.
|
15114- "تكون
النبوة فيكم ما شاء الله أن تكون، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها، ثم تكون خلافة
على منهاج النبوة فتكون ما شاء الله أن تكون، ثم يرفعها، ثم تكون ملكا عضوضا
فتكون ما شاء الله، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ثم ملكا جبرية ثم تكون خلافة
على منهاج النبوة" . "ط د حم 2 والروياني ص عن نعمان بن بشير عن
حذيفة".
|
Nu’man bin Basyir, Hudzaifah
|
al-Mu’jam al-Kabir, Musnad
Ahmad, Musnad Abu Dawud,
Ma’rifat al-Shahabah
|
Al-Thabrani, Ahmad, Abu
Dawud al-Thayalisi, Abu Nu’aim
|
Berdasar data di atas, dapat diambil informasi bahwa terdapat
banyak riwayat tentang Hadis yang bersubstansikan transformasi khilāfah. Di antaranya tersebar dalam Mu’jam al-Kabīr karya al-Thabrani, Musnad Ahmad, Musnad al-Thayalisi
karya Abu Dawud al-Thayalisi, dan Ma‘rifat al-Shahābah karya Abu Nu’aim al-Ashbahani. Redaksi yang berbeda-beda
tersebut mempunyai perawi tingkat sahabat berjumlah lima orang. Mereka adalah Abu
Tsa’labah, al-Nu’man bin Basyir, Abu Ubaidah bin al-Jarrah, Mu’adz, dan
Hudzaifah bin al-Yaman.
Sebagai pembanding dan pelengkap, penulis akan menggunakan
kitab Majma‘ al-Zawā’id wa Manba’ al-Fawā’id karya al-Hafizh Nur al-Din Ali bin Abi Bakr al-Haitsami (w.
807 H.). Menurut kitab ini, dalam bab Kaifa Bada’at al-Imāmah wa Mā Tashīru ilaihi wa
al-Khilāfah wa al-Mulk (Bab
Pembentukan Kepemimpinan dan Nasibnya; Khilafah dan Kerajaan), didapati riwayat
yang lebih banyak dari kamus sebelumnya.[3]
No.
|
Redaksi
Hadis dalam Majma‘
|
Rawi Level
Sahabat
|
Keterangan
al-Haitsami
|
Sumber
Hadis/Mukharrij
|
01.
|
-8960عن النعمان بن بشير قال: كنا قعوداً في المسجد وكان بشير
رجلاً يكف حديثه،فجاء أبو ثعلبة الخشني فقال: يا بشير بن سعد أتحفظ حديث رسول
الله صلى الله عليه وسلم في الأمراء؟ فقال حذيفة: أنا أحفظ خطبته فجلس أبو ثعلبة
فقال حذيفة: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"تكون النبوة فيكم ما شاء
الله أن تكون،ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها،ثم تكون خلافة على منهاج النبوة،فتكون
ما شاء الله أن تكون،ثم يرفعها إذا شاء [الله] أن يرفعها،ثم تكون ملكاً عاضاً
فتكون ما شاء الله أن تكون،ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها [ثم تكون ملكاً جبرية
فتكون ما شاء الله أن تكون ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها] ثم تكون خلافة على
منهاج نبوة". ثم سكت.
قال حبيب: فلما قام عمر بن عبد العزيز وكان يزيد بن النعمان بن بشير في
صحابته فكتبت إليه بهذا الحديث أذكره إياه فقلت: إني لأرجو أن يكون أمير
المؤمنين - يعني عمر - بعد الملك العاض والجبرية فأدخل كتابي على عمر بن عبد
العزيز فسر به وأعجبه.
|
Al-Nu’man bin Basyir, Basyir bin Sa’d, Hudzaifah,
|
رواه أحمد في ترجمة النعمان،والبزار أتم منه والطبرانيببعضه في الأوسط ورجاله
ثقات.
|
Ahmad, al-Bazzar,
al-Thabrani
|
02.
|
8961-وعن أبي
ثعلبة الخشني قال: كان معاذ بن جبل وأبو عبيدة يتناجيان بينهما بحديث فقلت لهما:
ما حفظتما وصية رسول الله صلى الله عليه وسلم،وكان أوصاهما بي. فقالا: ما أردنا
أن ننتجي بشيء دونك إنا ذكرنا حديثاً حدثنا رسول الله صلى الله عليه وسلم فجعلا
يتذاكرانه وقالا:"إنه بدأ هذا الأمر نبوة ورحمة،ثم كائن خلافة ورحمة،ثم
كائن ملكاً عضوضاً،ثم كائن عتواً وجبرية وفساداً في الأمة يستحلون الحرير والخمر
[والفروج] والفساد [في الأمة] ينصرون على ذلك ويرزقون أبداً حتى يلقوا الله عز
وجل"
|
Abu Tsa’labah, Mu’adz bin Jabal, Abu Ubaidah
|
رواه أبو يعلى
والبزار عن أبي عبيدة وحده قال: قال
رسول الله صلى
الله عليه وسلم:"إن أول دينكم بدأ نبوة
ورحمة" فذكر
نحوه.
|
Abu Ya’la, al-Bazzar,
|
03.
|
8962-ورواه
الطبراني عن معاذ وأبي عبيدة قالا: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فذكر نحو
حديث أبي يعلى وزاد: "يستحلون الحرير والفروج والخمور".
|
Mu’adz bin Jabal, Abu
Ubaidah
|
وفيه ليث بن أبي سليم وهو ثقة ولكنه مدلس،وبقية رجاله ثقات.
|
|
04.
|
8963-عن أبي ثعلبة
الخشني قال: لقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلت: يا رسول الله ادفعني إلى
رجل حسن التعليم،فدفعني إلى أبي عبيدة بن الجراح ثم قال:"قد دفعتك إلى رجل
يحسن تعليمك وأدبك".فأتيت وهو وبشير بن سعد أبو النعمان يتحدثان فلما
رأياني سكتا فقلت: يا أبا عبيدة والله ما هكذا حدثني رسول الله صلى الله عليه وسلم،قال:
فاجلس حتى نحدثك فقال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"إن فيكم النبوة
ثم تكون خلافة على منهاج النبوة ثم تكون ملكاً وجبرية".
|
Abu Tsa’labah, Basyir bin Sa’d, Abu Ubaidah
|
رواه الطبراني وفيه رجل لم يسم ورجل مجهول أيضاً
|
Al-Thabrani
|
05.
|
8964-وعن ابن عباس
قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"أول هذا الأمر نبوة ورحمة،ثم يكون
خلافة ورحمة،ثم يكون ملكاً ورحمة،ثم يكون إمارة ورحمة،ثم يتكادمون عليها تكادم
الحمير،فعليكم بالجهاد وإن أفضل جهادكم الرباط وإن أفضل رباطكم عسقلان".
|
Ibnu Abbas
|
رواه الطبراني
ورجاله ثقات
|
Al-Thabrani
|
06.
|
8965-وعن قيس بن
جابر الصدفي عن أبيه عن جده أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:"سيكون من
بعدي خلفاء،ومن بعد الخلفاء أمراء،ومن بعد الأمراء ملوك،ومن بعد الملوك
جبابرة،ثم يخرج رجل من أهل بيتي يملأ الأرض عدلاً كما ملئت جوراً،ثم يؤمر
القحطاني فوالذي بعثني بالحق ما هو دونه".
|
Majid (kakek Qais bin Jabir)
|
رواه الطبراني
وفيه جماعة لم أعرفهم.
|
Al-Thabrani
|
07.
|
8966-وعن معاذ بن
جبل قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"ثلاثون نبوة وملك ثلاثون
وجبروت وما وراء ذلك لا خير فيه".
|
Mu’adz bin Jabal
|
رواه الطبراني في الأوسط وفيه مطر بن العلاء الرملي ولم أعرفه، وبقية رجاله ثقات.
|
Al-Thabrani
|
Terdapat tambahan informasi bahwa hadis-hadis yang ber-substansikan
transformasi khilāfah, selain
diriwayatkan oleh Abu Tsa’labah, al-Nu’man bin Basyir, Abu Ubaidah bin
al-Jarrah, Mu’adz, dan Hudzaifah bin al-Yaman, juga ditemukan perawi sahabat
lain. Yakni Majid, kakek Qais bin Jabir dan Ibnu Abbas. Dengan demikian
terdapat tujuh orang rawi pada level sahabat. Sedangkan untuk mukharrij-nya,
selain diriwayatkan oleh Mu’jam al-Kabīr al-Thabrani, Musnad Ahmad, Musnad
al-Thayalisi karya Abu Dawud al-Thayalisi, dan Ma‘rifat al-Shahābah karya Abu Nu’aim al-Ashbahani, hadis-hadis tersebut juga
diriwayatkan al-Bazzar dan Abu Ya’la. Masing-masing meriwayatkan dalam kitab Musnad-nya.
Dengan demikian terdapat enam kitab yang mencantumkan Hadis tersebut.
III. I‘tibār
Selanjutnya, akan dilacak (dan dipastikan) keberadaan
Hadis-hadis tersebut dalam kitab yang telah direkomendasikan oleh kedua kamus
di atas. Dengan menggunakan bantuan search engine al-Maktabah
al-Syamilah versi 3.28, berhasil ditemukan riwayat lengkap seperti di bawah
ini:[4]
a.
Riwayat
Ahmad[5]
18430 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا سليمان بن
داود الطيالسي حدثني داود بن إبراهيم الواسطي حدثني حبيب بن سالم عن النعمان بن
بشير قال : كنا قعودا في المسجد مع رسول الله صلى الله عليه و سلم وكان بشير رجلا
يكف حديثه فجاء أبو ثعلبة الخشني فقال يا بشير بن سعد أتحفظ حديث رسول الله صلى
الله عليه و سلم في الأمراء فقال حذيفة أنا أحفظ خطبته فجلس أبو ثعلبة فقال حذيفة
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تكون النبوة فيكم ما شاء الله ان تكون ثم
يرفعها إذا شاء ان يرفعها ثم تكون خلافة على منهاج النبوة فتكون ما شاء
الله ان تكون ثم يرفعها إذا شاء الله أن يرفعها ثم تكون ملكا عاضا فيكون ما شاء
الله ان يكون ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ثم تكون ملكا جبرية فتكون ما شاء الله
ان تكون ثم يرفعها إذا شاء ان يرفعها ثم تكون خلافة على منهاج النبوة ثم سكت قال
حبيب فلما قام عمر بن عبد العزيز وكان يزيد بن النعمان بن بشير في صحابته فكتبت
إليه بهذا الحديث أذكره إياه فقلت له انى أرجو ان يكون أمير المؤمنين يعنى عمر بعد
الملك العاض والجبرية فادخل كتابي على عمر بن عبد العزيز فسر به وأعجبه
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده حسن
23479 - حدثنا عبد
الله حدثني أبي ثنا عبد الرزاق ثنا أبو بكار حدثني خلاد بن عبد الرحمن أنه سمع أبا
الطفيل يحدث أنه سمع حذيفة بن اليمان يقول : يا أيها الناس ألا تسألوني فإن الناس
كانوا يسألون رسول الله صلى الله عليه و سلم عن الخير وكنت أسأله عن الشر أن الله
بعث نبيه عليه الصلاة و السلام فدعا الناس من الكفر إلى الإيمان ومن الضلالة إلى
الهدى فاستجاب من استجاب فحي من الحق ما كان ميتا ومات من الباطل ما كان حيا ثم
ذهبت النبوة فكانت الخلافة على منهاج النبوة
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح
b.
Riwayat
al-Bazzar[6]
النُّعْمَانُ بْنُ
بَشِيرٍ عَنْ حُذَيْفَةَ.
2796- حَدَّثَنَا
الْوَلِيدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ سُكَيْنٍ ، قَالَ : أَخْبَرَنَا يَعْقُوبُ بْنُ
إِسْحَاقَ الْحَضْرَمِيُّ ، قَالَ : أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ دَاوُدَ ،
قَالَ : حَدَّثَنِي حَبِيبُ بْنُ سَالِمٍ ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ
أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّهُ كَانَ مَعَ أَبِيهِ بَشِيرِ بْنِ سَعْدٍ ، فِي
الْمَسْجِدِ فَجَاءَ أَبُو ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيُّ ، فَقَالَ لَهُ : يَا بَشِيرُ
، أَتَحْفَظُ خُطْبَةَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي
الْخُلَفَاءِ ؟ فَقَالَ : لاَ ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ بْنُ الْيَمَانِ : وَهُوَ
قَاعِدٌ ، أَنَا أَحْفَظُهَا ، فَقَعَدَ إِلَيْهِمْ أَبُو ثَعْلَبَةَ ، فَقَالَ
حُذَيْفَةُ : إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : تَكُونُ
النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا تَبَارَكَ
وَتَعَالَى إِذَا شَاءَ ، ثُمَّ تَكُونُ الْخِلاَفَةُ عَلَى مِنْهَاجِ
النُّبُوَّةِ فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا
شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ، ثُمَّ يَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا فَتَكُونُ
مُلْكًا مَا شَاءَ اللَّهُ ، ثُمَّ يَرْفَعُهُ إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهُ
مُلْكًا جَبْرِيَّةً ، ثُمَّ تَكُونُ خِلاَفَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ ،
ثُمَّ سَكَتَ قَالَ حَبِيبٌ : فَلَمَّا قَامَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ ،
قَالَ ابْنُ النُّعْمَانِ : أَنَا أَرْجُو أَنْ يَكُونَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ
الْعَزِيزِ هُوَ قَالَ : فَأُدْخِلَ حَبِيبٌ عَلَى عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ
فَحَدَّثَهُ ، فَأَعْجَبَهُ يَعْنِي ذَلِكَ.وَهَذَا الْحَدِيثُ لاَ نَعْلَمُ
أَحَدًا قَالَ فِيهِ : النُّعْمَانُ عَنْ حُذَيْفَةَ إِلاَّ إِبْرَاهِيمُ بْنُ
دَاوُدَ.
c.
Riwayat Musnad
Abu Dawud al-Thayalisi[7]
439 - حدثنا أبو
داود قال : حدثنا داود الواسطي ، وكان ثقة ، قال : سمعت حبيب بن سالم ، قال : سمعت
النعمان بن بشير بن سعد ، قال : كنا قعودا في المسجد مع رسول الله صلى الله عليه
وسلم ، وكان بشير رجلا يكف حديثه ، فجاء أبو ثعلبة ، فقال : يا بشير بن سعد ،
أتحفظ حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأمراء ؟ وكان حذيفة قاعدا مع بشير ،
فقال حذيفة : أنا أحفظ خطبته ، فجلس أبو ثعلبة ، فقال حذيفة : قال رسول الله صلى
الله عليه وسلم : « إنكم في النبوة ما شاء الله أن تكون ، ثم يرفعها إذا شاء
أن يرفعها ، ثم تكون خلافة على منهاج النبوة ، فتكون ما شاء الله أن تكون
، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ، ثم تكون ملكا عاضا (1) ، فيكون ما شاء الله أن
يكون ، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ، ثم تكون جبرية (2) ، فتكون ما شاء الله أن
تكون ، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ، ثم تكون خلافة على منهاج النبوة » ، ثم سكت
، قال : فقدم عمر ومعه يزيد بن النعمان في صحابته ، فكتبت إليه أذكره الحديث فكتبت
إليه : إنى أرجو أن يكون أمير المؤمنين بعد الملك العاض والجبرية قال : فأخذ يزيد
الكتاب فأدخله على عمر ، فسر به وأعجبه
d.
Riwayat
al-Thabrani[8]
372- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن عَبْدِ اللَّهِ
الْحَضْرَمِيُّ ، حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ ، حَدَّثَنَا فِرْدَوْسٌ
الأَشْعَرِيُّ ، حَدَّثَنَا مَسْعُودُ بن سُلَيْمَانَ ، عَنْ حَبِيبِ بن أَبِي
ثَابِتٍ ، عَنْ رَجُلٍ ، مِنْ قُرَيْشٍ ، عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ ، قَالَ : لَقِيتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ
اللَّهِ ، ادْفَعْنِي إِلَى رَجُلٍ حَسَنِ التَّعْلِيمِ ، فَدَفَعَنِي إِلَى أَبِي
عُبَيْدَةَ بن الْجَرَّاحِ ، ثُمَّ قَالَ : قَدْ دَفَعْتُكَ إِلَى رَجُلٍ يُحْسِنُ
تَعْلِيمَكَ وَأَدَبَكَ ، فَأَتَيْتُ أَبَا عُبَيْدَةَ بن الْجَرَّاحِ وَهُوَ
وَبَشِيرُ بن سَعْدٍ أَبُو النُّعْمَانِ بن بَشِيرٍ يَتَحَدَّثَانِ ، فَلَمَّا
رَأَيَانِي سَكَتَا ، فَقُلْتُ : يَا أَبَا عُبَيْدَةَ ، وَاللَّهِ مَا هَكَذَا
حَدَّثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ :
إِنَّكَ جِئْتَ وَنَحْنُ نَتَحَدَّثُ حَدِيثًا سَمِعْنَاهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاجْلِسِ حَتَّى نُحَدِّثَكَ ، فَقَالَ :
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ فِيكُمُ
النُّبُوَّةَ ، ثُمَّ تَكُونُ خِلافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةْ ، ثُمَّ
يَكُونُ مُلْكًا وَجَبَرِيَّةً.
10975 - حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بن النَّضْرِ الْعَسْكَرِيُّ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بن حَفْصٍ
النُّفَيْلِيُّ، حَدَّثَنَا مُوسَى بن أَعْيَنَ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ فِطْرِ
بن خَلِيفَةَ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:أَوَّلُ هَذَا الأَمْرِ نُبُوَّةٌ
وَرَحْمَةٌ، ثُمَّ يَكُونُ خِلافَةً وَرَحْمَةً، ثُمَّ يَكُونُ مُلْكًا
وَرَحْمَةً، ثُمَّ يَكُونُ إِمَارَةً وَرَحْمَةً، ثُمَّ يَتَكادَمُونَ عَلَيْهِ
تَكادُمَ الْحُمُرِ، فَعَلَيْكُمْ بِالْجِهَادِ، وَإِنَّ أَفْضَلَ جهادِكُمُ
الرِّبَاطُ، وَإِنَّ أَفْضَلَ رباطِكُمْ عَسْقَلانُ.
18372 - حَدَّثَنَا
أَبُو عَامِرٍ النَّحْوِيُّ، ثنا سُلَيْمَانُ بن عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الدِّمَشْقِيُّ، ثنا حُسَيْنُ بن عَلِيٍّ الْكِنْدِيِّ مَوْلَى جَرِيرٍ، عَنِ
الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ قَيْسِ بن جَابِرٍ الصَّدَفِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ
جَدِّهِ: أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ:سَيَكُونُ
مِنْ بَعْدِي خُلَفَاءُ، وَمِنْ بَعْدِ الْخُلَفَاءِ أُمَرَاءُ، وَمِنْ بَعْدِ
الأُمَرَاءِ مُلُوكٌ، وَمِنْ بَعْدِ الْمُلُوكِ جَبَابِرَةٌ، ثُمَّ يَخْرُجُ
رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يَمْلأُ الأَرْضَ عَدْلا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا،
ثُمَّ يُؤَمَّرُ الْقَحْطَانِيُّ، فَوَالَّذِي بَعَثَنِي بِالْحَقِّ مَا هُوَ
دُونَهُ.
مَنْ يُكَنَّى أَبَا الْعَلاءِ
9270 - حدثنا الوليد بن حماد الرملي نا سليمان
بن عبد الرحمن نا مطر بن العلاء ثنا عبد الملك بن يسار الثقفي نا أبو أمية
الشعباني وكان قد أدرك الجاهلية حدثني معاذ بن جبل قال قال رسول الله صلى الله
عليه و سلم ثلاثون نبوة وملك وثلاثون ملك وجبروت وما وراء ذلك فلا خير فيه
e.
Riwayat Abu
Nu’aim[9]
573 - حدثنا سليمان
بن أحمد ، ثنا محمد بن عبد الله الحضرمي ، ثنا أبو كريب ، ثنا فردوس بن الأشعري ،
ثنا مسعود بن سليمان ، عن حبيب بن أبي ثابت ، عن رجل من قريش ، عن أبي ثعلبة ، قال
: لقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلت : يا رسول الله ، ادفعني إلى رجل حسن
التعليم ، فدفعني إلى أبي عبيدة بن الجراح ، ثم قال : « قد دفعتك إلى رجل يحسن
تعليمك وأدبك » ، فأتيت أبا عبيدة وهو وبشير بن سعد أبو النعمان بن بشير يتحدثان ،
فلما رأياني سكتا ، فقلت : يا أبا عبد الله ، والله ما هكذا أوصاك رسول الله صلى
الله عليه وسلم ، فقال : إنك جئت ونحن نتحدث حديثا سمعناه من رسول الله صلى الله
عليه وسلم ، فاجلس حتى نحدثك ، فقال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « إن
فيكم النبوة ، ثم يكون خلافة على منهاج النبوة ، ثم يكون ملكا وجبرية »
ورواه يحيى بن حمزة الدمشقي فيما روى أولاده عنه ، عن عمرو بن مهاجر ، عن
مكحول ، عن أبي ثعلبة ، أنه أتى على أبي عبيدة ، وبشير بن سعد وهما يتذاكران ،
فذكر مثله . وتابعه عبيد الله بن عبيد أبو وهب ، عن مكحول ، عن أبي ثعلبة ، عن أبي
عبيدة ، وكذلك صدقة بن خالد ، عن هشام بن الغاز ، عن مكحول ، عن أبي ثعلبة ، عن
أبي عبيدة مختصرا . ورواه الأوزاعي ، عن مكحول ، عن أبي عبيدة بإسقاط أبي ثعلبة
مختصرا . رواه عبد الرحمن بن يزيد بن جابر ، عن عمير بن هانئ ، عن أبي أمية
الشعباني ، عن أبي عبيدة موقوفا ، ورفعه عن ابن جابر عمارة بن بشير
6130 - حدثنا سليمان
بن أحمد ، ثنا أبو عامر النحوي ، ثنا سليمان بن عبد الرحمن الدمشقي ، ثنا حنين بن
علي الكندي ، مولى جذع ، عن الأوزاعي ، عن قيس بن جابر ، عن أبيه ، عن جده ، أن
رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : « سيكون من بعدي خلفاء ، ومن بعد الخلفاء
أمراء ، ومن بعد الأمراء ملوك ، ومن بعد الملوك جبابرة ، ثم يخرج رجل من أهل
بيتي يملأ الأرض عدلا كما ملئت جورا ، ثم يؤمر القحطاني ، فوالذي بعثني بالحق ما
هو دونه »
f.
Riwayat Abu
Ya’la[10]
- 873 حدثنا أبو خيثمة حدثنا جرير عن ليث عن عبد الرحمن بن سابط عن أبي ثعلبة
الخشني قال : كان أبو عبيدة بن الجراح و معاذ بن جبل يتناجيان بينهما بحديث فقلت
لهما : ما حفظتما وصية رسول الله صلى الله عليه و سلم بي قال : وكان أوصاهما بي
قالا : ما أردنا أن ننتجي بشيء دونك إنما ذكرنا حديثا حدثنا رسول الله صلى الله
عليه و سلم فجعلا يتذاكرانه قالا : إنه بدأ هذا الأمر نبوة ورحمة ثم كائن خلافة
ورحمة ثم كائن ملكا عضوضا ثم كائن عتوا وجبرية وفسادا في الأمة يستحلون الحرير
والخمور والفروج والفساد في الأرض ينصرون على ذلك ويرزقون أبدا حتى يلقوا الله
قال حسين سليم أسد : إسناده ضعيف
Dari data yang ditemukan disimpulkan bahwa Hadis tersebut
diriwayatkan oleh lima orang sahabat, dan diketahui oleh delapan orang sahabat yang
dikumpulkan oleh enam orang mukharrij (pengumpul Hadis). Dari kelima
sahabat hingga enam mukharrij, ditemukan paling tidak enam jalur
periwayatan (thuruq). Dengan demikian, Hadis ini cukup dikenal oleh para
sahabat. Dengan bermodalkan lima rawi pada level sahabat dan perkembangan jalur
periwayatan pada level-level setelahnya, substansi Hadis ini masuk ke dalam
kategori mutawatir, sekalipun terbilang minimalis. Terdapat dua pertimbangan
penting untuk memberikan status mutawatir pada Hadis ini. Pertama, secara
demografis, pesebaran Hadis terbilang cukup jauh. Mulai dari Mesir di barat,
Syam-Palestina, Yaman, Baghdad, Bashrah, Kufah hingga Ashfihan di timur.
Kedua, Hadis tentang transformasi khilāfah juga diriwayatkan oleh
para perawi yang mempunyai latar belakang ideologi berbeda. Sebagian di
antaranya merupakan pendukung Ali (syī‘at ‘aliyy). Di bawah ini merupakan data yang berhasil dihimpun tentang
komposisi demografi dua puluh tiga penyebar, yang sekaligus menunjukkan area pesebaran
Hadis di beberapa wilayah. Sekalipun tidak menyeluruh, tapi cukup mewakili
keterlibatan daerah-daerah yang disebutkan namanya.
No.
|
Nama Perawi/Mukharrij
|
Tahun
Wafat
|
Wilayah
|
01.
|
Abu Tsa’labah
|
40 H.
|
Syam
|
02.
|
al-Nu’man bin Basyir
|
65 H.
|
Himsh
|
03.
|
Abu Ubaidah bin al-Jarrah
|
18 H.
|
Baisan, Ramlah-Baitul Muqaddas
|
04.
|
Mu’adz bin Jabal
|
18 H.
|
Syam/Urdun)
|
05.
|
Hudzaifah bin al-Yaman
|
setelah kematian utsman
|
Madain, Irak
|
06.
|
Majid, kakek dari Qais bin Jabir
|
Madinah
|
|
07.
|
Ibnu Abbas
|
68 H.
|
Thaif
|
08.
|
Abu Ya’la
|
307 H.
|
Takin, Mesir
|
09.
|
al-Bazzar
|
292 H.
|
Asbahan, Baghdad, Syam.
meninggal di Ramlah Palestina
|
10.
|
al-Thabrani
|
260 H.-360 H.
|
Asfihan
|
11.
|
Dawud bin Ibrahim al-Wasithi
|
Bashrah
|
|
12.
|
al-Thayalisi
|
207 H.
|
Bashrah
|
13.
|
Firdaus bin al-Asy’ari
|
Kufah
|
|
14.
|
Abu Kuraib
|
Kufah
|
|
15.
|
Fithr bin Khalifah
|
Kufah
|
|
16.
|
Musa bin A’yan
|
Harran
|
|
17.
|
Said bin Hafsh
|
Harran
|
|
18.
|
Ahmad bin Nadhr bin Bahr
|
Baghdad
|
|
19.
|
Abu Thufail
|
Sahabat, Kufah-Mekah
|
|
20.
|
Khallad bin Abdurrahman
|
Yaman, San’a
|
|
21.
|
Bakkar
|
Yaman, San’a
|
|
22.
|
Abdurrazzaq
|
Yamani
|
|
23.
|
Ahmad bin Hanbal
|
Baghdad
|
Sebagian perawi merupakan pendukung utama Ali bin Abi Thalib
dalam percaturan politik. Pada level sahabat ditemukan nama Abdullah Ibnu
Abbas, dan pada level lima (shighār al-tabi‘īn) ditemukan perawi bernama Fithr bin Khalifah (w. 150 H.)
yang dikenal oleh para biografer rawi sebagai simpatisan kelompok Syiah (tashayyu‘).[11]
IV. Kualitas Hadis.. Sanadan..
Dua pertimbangan di atas merupakan
dasar pengkategorian mutawatir pada Hadis-hadis yang bersubstansikan
transformasi khilāfah. Kemutawatiran
yang dimaksud di sini bukan secara tekstual, melainkan berdasar substansi
Hadis. Karena, sangat jarang atau bahkan tidak mungkin menemukan suatu redaksi
Hadis yang memiliki konsistensi tingkat tinggi setelah melalui pesebaran jauh
dari daerah asalnya, atau diriwayatkan oleh sekian generasi. Namun, secara
gamblang dapat dipastikan bahwa Hadis transformasi khilāfah di atas memiliki lebih
dari satu jalur, sejak dari level sahabatnya.
Menurut informasi yang dihimpun dari penelitian para editor-muhaqqiq
kitab-kitab yang direkomendasikan kamus, sebagian Hadis bernilai sahih,
sebagian lain berstatus daif. Kedaifan disebabkan di antaranya oleh adanya rawi
yang tidak diketahui identitasnya (majhūl). Sebagian lagi disinyalir sebagai mudallis (pendistorsi,
melakukan perbaikan sanad), mukhtalith (mengalami gangguan ingatan), dan
berideologi syiah ekstrim seperti dapat dilihat pada salah satu perawi yang
terdapat dalam sanad Abu Ya’la yang bernama Jarir bin Abd al-Hamid bin Qarth
al-Dhabbi al-Kufi. Mengingat banyaknya jalur-jalur periwayatan yang ada,
menurut standar ilmu Hadis, bahwa masing-masing saling menguatkan. Baik sebagai
syāhid (penguat pada level sahabat),
maupun mutābi‘ (penguat
pada level selain sahabat). Hadis-hadis yang lemah secara sanad, dapat
diperkuat dan dinaikkan derajatnya kepada kategori yang lebih tinggi. Jika ia
berstatus lemah, ia dapat naik menjadi hasan li ghairih. Karenanya,
kualitas Hadis yang bersubstansikan transformasi khilāfah dinilai valid-otentik dari
Nabi, mengingat penelitian sanad yang telah dilakukan di atas.
Untuk menguatkan tesis di atas, sekaligus mengukuhkan bahwa Hadis ini mempunyai rangkaian
sanad yang baik dan dapat diterima menurut ukuran Ilmu Hadis, di bawah ini akan
dikaji satu jalur periwayatan yang paling pendek. Yaitu jalur periwayatan al-Ima>m Ahmad bin Hanbal dalam
kitab Musnad-nya. Dalam sanad tersebut terdapat empat orang rawi. Mereka
adalah [1] an-Nu‘man bin Thabit, [2] Habib bin Salim, [3] Ibrahim al-Wasiti, [4] Sulayman bin Dawud at-Tayalisi. Dalam Ilmu
Hadis, sanad dengan jumlah rawi sedikit disebut sanad ‘Ali (tinggi). Selanjutnya, keempat rawi tersebut
akan dikaji secara berurutan.
1.
al-Nu‘man bin Tabit
Seorang sahabat terkenal yang memiliki koleksi hadis (musnad)
sebanyak 114 buah. Bernama lengkap an-Nu ‘man bin Thabit bin Bashir
bin Sa‘d bin Tha‘labah bin al-Jallas al-Ansari al-Khazraji,
Abu Abdillah al-Madani. Ayahnya, Bashir bin Sa‘d termasuk sahabat yang
terlibat perang Badar. Lahir pada tahun 2 H. Madinah. Dengan demikian, ia
termasuk sahabat junior. Meninggal pada 65 H. di Hims. Di antara muridnya Habib bin Salim.[12]
2.
Habib bin Salim
Habib bin Salim
al-Ansari, mawla
sekaligus juru tulis an-Nu ‘man bin Bashir. wusta min
at-tabi‘in. Tidak ditemukan riwayat lebih lanjut tentang dia. Hanya
saja semua biografer sepakat dia adalah murid sekaligus juru tulis an-Nu
‘man bin Bashir. sedangkan muridnya di antaranya Dawud bin
Ibrahi al-Wasiti.[13]
3. Dawud bin Ibrahim al-Wasiti
Para biografer mencatatnya sebagai murid Habib bin Salim
al-Ansari. Al-Bukhari dalam at-Tarikh al-Kabir mengatakan dia
adalah orang Basrah (Basri).[14]
Hampir semuanya mencatat bahwa di antara muridnya ialah Sulayman bin Dawud at-Tayalisi. Selain
meriwayatkan at-Tayalisi menegaskan ke-thiqah-an al-Wasiti. [15]
4.
Sulayman bin Dawud at-Tayalisi
Bernama lengkap Sulayman bin Dawud bin
al-Jarud Abu Dawud aat-Tayalisi al-Basri mawla keluarga
az-Zubayr bin al-‘Awwam. Meninggal pada tahun 204 H. di antara gurunya
adalah Dawud bin Ibrahim al-Wasiti.[16]
Sedangkan kualitas para rawi di atas dapat disimak dalam
tabel di bawah ini:
No.
|
Rawi
|
Komentar Ulama
|
01.
|
an-Nu‘man bin Tabit
|
Sahabat
|
02.
|
Habib bin Salim
|
thiqah, fihi nazhar, laysa fi mutuni ahadithihi
hadith munkar bal qad ittaraba fi asanidi ma yurwa ‘anhu.
|
03.
|
Dawud bin Ibrahim al-Wasiti
|
thiqah
|
04.
|
Sulayman bin Dawud at-Tayalisi
|
amir al-mu’minin, kathir al-khata’, min
al-mudallisin
|
Berdasarkan data di atas, terdapat dua rawi yang memiliki
penilaian yang cenderung kontradiktif. Mereka adalah Habib bin Salim dan Sulayman bin Dawud at-Tayalisi. Perbedaan
penilaian semacam ini merupakan fenomena yang lumrah dalam tradisi jarhu wa
ta’dil. Terdapat sekian kaidah untuk menyelesaikan atau mentarjih masing-masing
penilaian.
Dalam penilaian terhadap Habib bin Salim, redaksi fihi
nazhar yang digunakan al-Bukhari
menunjukkan tingkat kecacatan yang tidak terlalu fatal. Namun tidak dijelaskan
bentuk kecacatan yang dimaksud. Sesuai kaidah, bila terdapat dua penilaian yang
bertentangan namun penilaian buruk (jarhu) tidak dijelaskan secara rinci, maka
yang diunggulkan adalah penilaian baiknya (ta’dil). Di antara sekian para
mujarrih, hanya al-Bukhari yang menilai miring. Dan seperti dikatakan
sebelumnya, penilaiannya tidak dibarengi keterangan.
Sedangkan Sulayman bin Dawud at-Tayalisi adalah
imam besar dalam Hadis. Banyak meriwayatkan berdasarkan hafalan. Di antara
sekian ribu Hadis yang dihafalnya, terdapat sebagian yang terlupakan. Bahkan
sebagian ulama memasukkannya ke dalam barisan kaum mudallis. Namun, hal ini
tidak mengurangi derajatnya sebagai amir al-mu ‘minin fi
al-hadith. Terlupakannya sebagian Hadis tidak seberapa dibanding
hadis-hadis yang masih dihafalnya. Dan tadlis yang dilakukannya hanya pada
guru-gurunya yang thiqah. Inilah pembelaan yang dapat diberikan kepada at-Tayalisi.
Mempertimbangkan ke-thiqah-an dan kelamahan dalam
hafalan sebagian perawinya, penulis lebih cenderung memberikan status hasan
pada jalur ini. Yaitu kategori hadis yang telah memenuhi syarat kesahihan minus
kesempurnaan hafalan. Penilaian ini senada dengan penilaian Shu’aib al-Arna’ut.
V.
Tilikan Matan; Membaca [Secara Inter]Teks.. Menemukan
[Inter]Konteks..
1.
Konteks Teks.. Penafsiran Generasi Awal..
Seperti telah disinggung sebelumnya, Hadis transformasi khilāfah telah dikenal oleh tokoh-tokoh
penting sahabat. Selain itu dapat dengan jelas dilihat pola pesebarannya pada
masa Nabi. Sebagai contoh dapat dilihat pada riwayat al-Nu‘man bin Basyir
melalui jalur Salim bin Habib, juru tulis sekaligus mantan budaknya.
Diinformasikan bahwa suatu ketika Nu‘man berada di masjid
bersama Basyir bin Sa‘d –ayah Nu’man dan Hudzaifah bin al-Yaman. Kemudian seorang
sahabat bernama Abu Tsa’labah datang dan bertanya kepada Basyir apakah ia mempunyai
Hadis yang berbicara tentang kepemimpinan. Hudzaifah yang duduk di samping
Basyir menjawab bahwa dirinya punya. Kemudian dia menyebutkan Hadis
transformasi khilāfah.
Kepemimpinan umat pada mulanya berdasar al-nubuwwah (wahyu kenabian),
kemudian digantikan oleh khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah (penerus perjuangan Nabi yang memimpin berdasar nilai-nilai
kenabian), selanjutnya oleh malik ‘āddh (raja despotis), malik jabariyyah (raja tiran), dan
terakhir digantikan oleh khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah (penerus Nabi yang memimpin berdasar nilai-nilai kenabian). Sabda
Nabi dalam matan Hadis diakhiri dengan redaksi tsumma sakata (kemudian
Hudzaifah/Rasulullah diam). Kemudian, matan ini disambung dengan informasi lain
tentang penyampaian redaksi Hadis kepada khalifah Umar bin Abd al-‘Aziz. Hal
ini dilakukan Salim bin Habib melalui surat yang dititipkannya kepada Yazid bin
al-Nu‘man bin Basyir, yang kebetulan sedang menjadi orang dekat khalifah. Diberitakan
bahwa khalifah Umar merasa senang mendengar Hadis tersebut.[17]
Narasi lain ditemukan dalam riwayat Abu Tsa’labah. Ia
menginformasikan bahwa dia menemui Nabi saw. dan minta direkomen seorang guru yang
terbaik menurut beliau. Nabi menyarankan agar dia menemui Abu Ubaidah bin
al-Jarrah. Saat bertandang, Abu Tsa’labah melihat Abu Ubaidah sedang berbincang
dengan Basyir bin Sa‘d, bapak al-Nu‘man bin Basyir. Setelah berbincang sedikit,
Abu Ubaidah membacakan satu sabda Nabi tentang transformasi pola kepemimpinan
dari nubuwwah-khilāfah-mulk-jabariyyah. Dalam riwayat Abu
Ya’la disebutkan Abu Tsa’labah bertandang kepada Abu Ubaidah dan menjumpainya
sedang berbicara dengan Mu’adz bin Jabal.
Dalam riwayat al-Thabrani didapati Mu’adz bin Jabal mempunyai
riwayat tentang transformasi khilāfah disertai tambahan rentang waktu masing-masing fase. Di mana
masing-masing berusia tiga puluh tahunan. Majid, kakek Qais bin Jabir
meriwayatkan akan datangnya para khalifah (al-khulafā’), kemudian umarā’, raja-raja (al-mulūk), para diktator (al-jabābirah) dan keluarga Nabi yang diramalkan akan menjadi pemimpin
yang adil. Sedangkan riwayat Ibnu Abbas bermuatan lebih umum dibanding yang
lain.
Hadis-hadis tentang transformasi khilāfah memang beragam. Baik tentang tahapan, karakteristik para
penguasanya, maupun jangka waktu tiap fasenya. Namun, dapat ditarik garis umum
tentang fenomena transformasi tersebut. Terdapat indikasi kuat bahwa
narasi-narasi Hadis terjadi pada era Madinah. Melihat pola dialog dan muatan matan
yang berkaitan dengan formasi kepemimpinan, di mana isu semacam itu tidak
mungkin diwacanakan pada era Mekah mengingat belum adanya tantangan-tantangan
akan keberakhiran dominasi politik. Indikasi lainnya, Hadis itu muncul pada
akhir masa hidup Nabi saw. Paling tidak untuk memberikan bimbingan kepada para
sahabat untuk menghadapi masa-masa penuh kekacauan.
Narasi Hadis masuk dalam kategori apa yang disebut para ulama
sebagai ahādits al-fitan, al-malāhim wa asyrāth al-sā‘ah (Hadis-hadis tentang kekacauan, perang dan tanda akhir
zaman). Terdapat banyak Hadis-hadis sejenis, dan kebanyakan merupakan
ramalan-ramalan Nabi terhadap masa depan umatnya (Hadis-hadis futurologis). Di
satu sisi, Hadis-hadis tersebut dipahami para ulama sebagai bagian dari
keistimewaan Nabi (sebagaimana dipakai ulama untuk menunjukkan keistimewaan
al-Quran).[18] Dan para ulama yang percaya terhadap Hadis selalu mencoba
melakukan “kontekstualisasi” terhadap fenomena yang berkembang di zamannya. Terutama
ketika mereka menghadapi masa-masa krisis, kondisi sosial politik ekonomi yang
buruk dan penuh kekacauan. Suatu kondisi yang menuntut seseorang menaruh
harapan akan datangnya perubahan menuju situasi yang lebih baik. Praktik paling
awal dapat ditemukan dalam fenomena Salim bin Habib pada era kepemimpinan Umar
bin ‘Abd al-‘Aziz (61-101 H.). Rupanya, Habib bin Salim menilai kepemimpinan
politik sebelum Umar sebagai kepemimpinan yang tiran-despotik. Menurutnya,
kepemimpinan Umar merupakan perwujudan khilāfah ‘ala
minhaj al-nubuwwah sebagaimana diramalkan Nabi. Abd
al-‘Aziz menjadi khalifah pada rentang 99 H. hingga 101 H. hampir satu abad
setelah meninggalnya Nabi saw. Panafsiran ini kemungkinan didasarkan pada teks
lain yang menyatakan masing-masing fase berkisar 30-an tahun. Dan pemerintahan Umar merupakan
fase ketiga atau keempat dalam tahapan transformasi kepemimpinan. Selain itu,
para ulama mencatat reputasi yang cukup baik dari cicit Bani Umayyah ini, di
tengah penilaian yang buruk terhadap kepemimpinan keluarga Umayah yang umumnya
bersifat despotik. Kehadiran Umar bin Abd al-Aziz rupanya membuat Habib bin Salim berharap bsar, sehingga ia rela
menafsirkan demikian.
2.
Konteks Klasik.. Penafsiran Abad Pertengahan..
Penafsiran yang jauh berbeda diutarakan oleh Mulla Ali
al-Qari (1014 H.),[19] hampir seribu tahun kemudian. Ia menafsirkan bahwa khilāfah ‘ala
minhaj al-nubuwwah hanya terjadi pada era
turunnya Isa alaihi al-salām dan al-Mahdi rahimahu Allah. Menurutnya, bisa jadi subjek
dari kata takūnu dalam redaksi tsumma takūna khilāfah adalah nubuwwah (kenabian),
al-hukūmah (negara), atau al-imārah (kepemimpinan). Artinya, kenabian, negara, atau kepemimpinan
akan berganti menjadi model khilāfah. Khilāfah sendiri diartikan Ali al-Qari sebagai penggantian peran secara
substansial (al-niyābah al-haqīqiyyah). Sedangkan minhāj al-nubuwwah berarti metode kepemimpinan yang sesuai dengan metode kepemimpinan
berlandaskan wahyu kenabian, baik dalam format maupun substansinya (thariqatuha
al-shuwariyyah wa al-ma’nawiyyah). Dan hal itu hanya dapat terjadi ketika
umat ini dipimpin oleh Isa As. dan Imam Mahdi. Kepemimpinan Isa dan al-Mahdi
dipandang sebagai khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah (kepemimpinan yang sesuai dengan kepemimpinan Nabi saw.)
adalah karena ditegakkannya keadilan secara penuh di dalamnya (min kamāl al-‘adālah).[20] Sepertinya, yang dimaksud dengan kepemimpinan kenabian
menurut al-Qari adalah kepemimpinan yang ditegakkan di atas pilar keadilan.
3.
Konteks Modern.. Penafsiran Kontemporer.. Sebuah Pertarungan
Ideologis..
Pada era modern, muncul kelompok yang menamakan dirinya
Hizhut Tahrir (Partai Pembebasan). Misi utamanya adalah mendirikan khilāfah. Sebuah sistem politik yang diyakini khas Islam dan bersifat
global. Sistem ini diperhadapkan dengan sistem dominan dan dipakai di banyak
negara. Mereka meyakini bahwa selain khilāfah, adalah sistem kufur. Termasuk di antaranya adalah
demokrasi. Di sini, khilāfah mengalami ideologisasi tingkat
tinggi. Ideologisasi dapat dilihat pada konseptualisasi, pengembangan sistem
sosial politik, ekonomi, militer dan kebudayaan tertentu, dan pada akhirnya
menjadi gerakan yang dilakukan secara sistematis dan terorganisir. Yang untuk
selanjutnya, dikonfrontasikan dengan sistem ideologi lain. Hal ini tentu
merupakan fenomena pertarungan khas dunia modern. Terkait dengan hadis
transformasi khilāfah, maka posisi mereka adalah
sebagai kelompok yang mengklaim akan mendirikan khilāfah yang dijanjikan.
Penafsiran lain diutarakan oleh Idrus Ramli dalam buku Hadis-Hadis
Khilafah. Terkait dengan Hadis transformasi khilāfah, ia mengemukakan bahwa Hadis-hadis tersebut bukan dalam
konteks perintah. Sehingga tidak ada kewajiban memperjuangkan berdirinya
khilafah. Hadis tersebut hanya sebagai bentuk kabar gembira dari Nabi saw. (bisyārah min al-nabiyy). Sekaligus menunjukkan keistimewaan beliau tentang fenomena
yang akan terjadi (al-umūr al-ghaibiyyah). Sekalipun
penulis buku tersebut tidak bermaksud memusuhi kelompok yang melakukan ideologisasi
atas Hadis tersebut, namun kenyataannya buku itu berisi kritikan terhadap
mereka. Tentu saja hal ini menempatkan buku tersebut dalam konteks counter
of discourse ideologi. Hanya dengan menyatakan Hadis tersebut berfungsi sebagai
bisyarah, bukan perintah, maka sejujurnya buku tersebut ingin
menegasikan proyek ideologisasi yang dibawakan oleh kelompok khilafah.
Dari sini kita dapat melihat bagaimana model pesebaran Hadis
di atas mengikuti pola politik yang sedang berkembang. Pesebaran Hadis
berkelindan dengan pandangan politik masing-masing tokoh , baik pada masa
klasik maupun kontemporer. Penafsiran pun dapat berbeda antara satu masa dengan
masa selanjutnya. Ideologi seakan tidak bisa dilepaskan dari pembacaan teks.
VI.
Bagaimana Memahami Hadis Transformasi?
1.
Melalui Prinsip Perbandingan Teks... Muqaranah al-Ahadith
wa Ma Fassarahu al-Mufassirun...
Setelah
membahas validitas Hadis, fungsi sosial politiknya, berikutnya ialah menemukan ‘makna
sebenarnya’ dari Hadis tersebut. Dalam arti, makna yang diinginkan oleh
pengujar kalimat tersebut sebelum ia memasuki ‘wilayah lain’, baik dalam bentuk
kontekstualisasi maupun penafsiran terhadapnya.
Seperti yang
diulas sebelumnya, terdapat beberapa usulan makna yang telah ditawarkan oleh
para pembaca Hadis tersebut. Untuk menemukan ‘makna sebenarnya’ Ibnu Asyur
menawarkan model pemaknaan maqashidi. Suatu pemaknaan yang lebih
mengedepankan pencarian makna sebenarnya dari sebuah teks, sesuai konteks
kemunculannya. Kemudian diambil spiritnya untuk dipakai sebagai perspektif
dalam melihat fenomena yang dihadapi seorang penafsir. Atau untuk menemukan
prinsip umum dari suatu teks sehingga dapat menjadi acuan dalam berperspektif.
Hal ini tidak lain untuk menjadikan sebuah teks relevan untuk dirinya sekaligus
kontekstual untuk kepentingan kekinian kita.
Langkah
pertama ialah dengan meninjau kembali posisi pengujar. Dalam konteks apa dia
mengucapkan kata-katanya. Bila al-Qarrafi menawarkan tiga kategori posisi Nabi
saw. –mufti, qadhi dan imam, maka Ibnu Asyur menambahkan sembilan kategori
lagi. Namun, hal ini bukan bermaksud membatasi kategori yang ada. Karena,
kesembilan kategori itu merupakan hasil penelusurannya yang ditentukan oleh
sejauh pengamatan yang dilakukannya. Dan tentu saja bila dilakukan penelitian
lagi, akan ada banyak kategori sabda Nabi saw. Seperti yang dilakukan oleh Ibnu
Hibban berabad-abad yang lalu dalam Shahih-nya yang menghitung seratus
satu pola perintah dalam Hadis, atau penulis buku Af’al al-Rasul yang
juga tidak kalah banyaknya. Lalu, dalam kapasitasnya sebagai apa Rasulullah
mengucapkan sabdanya itu?
Berdasarkan
perbandingan riwayat yang dilakukan, analisa terhadap perbedaan masing-masing
riwayat yang bahkan mungkin kontradiksi satu sama lain, penulis tidak menemukan
dalam konteks apa Nabi menyatakan statemen tersebut. Matan-matan yang ada hanya
menyebutkan bagaimana Hadis tersebut muncul dalam dialog-dialog para sahabat. Memang,
dialog antar sahabat atau sahabat dengan muridnya dapat dinilai sebagai sabab
al-wurud seperti dalam pandangan Ibnu Hamzah al-Dimasyqi. Namun kita tidak
dapat mengidentifikasi konteks yang paling awal jika memang informasi tersebut
berasal dari Nabi saw. Beberapa riwayat menunjukkan bahwa Hadis tersebut marfu’
(Nabi sebagai subjek), namun sebagian berstatus mauquf (seorang sahabat
sebagai pengujar). Di sini kita gagal mendapatkan konteks awal Hadis. Dan
seperti disebutkan sebelumnya, perujukan pada konteks kedua (dalam narasi
sahabat) merupakan sesuatu yang sah. Salah satunya ditemukan dalam Hadis Abu
Tsa’labah yang bertanya kepada Basyir bin Sa’d apakah dia punya hafalan Hadis
tentang umara’ (para pemimpin). Kemudian Hudzaifah menjelaskan sebuah
Hadis transformasi khilafah. Dalam konteks apa Abu Tsa’labah menanyakan itu?
Kegagalan
membaca konteks awal ini mengharuskan kita merujuk pada substansi matan. Apakah
substabsi Hadis transformasi khilafah?
Bila
memperhatikan keragaman riwayat, timbul pertanyaan mana yang benar di antara
sekian riwayat yang ada? Sekalipun masing-masing riwayat kontradiktif, namun terdapat
kesamaan isu yang dibawa Hadis tersebut; yaitu dinamisasi pola kepemimpinan. Penyebutan
tiga pola, serta fase tiga puluh tahun tidak dimaksudkan sebagai pembatasan. Perubahan
dari satu pola ke pola lainnya tidak dimaksudkan mengafirmasi satu pola dan
menolak yang lain selama ia sejalan dengan prinsip keadilan dan kebajikan publik
(kamal al-‘adalah). Juga tidak bermaksud membatasi pola kepemimpinan
dalam kategori yang dicantumkan dalam Hadisnya. Karena, dalam kenyataannya,
Nabi juga mengenal pola kekaisaran dan kekisraan, selain mulk atau umara.
Atau sistem kesukuan, qabilah, yang merupakan sistem kepemimpinan yang
populer pada masyarakat Arab saat itu. Redaksi-redaksi yang beragam itu
menunjukkan bahwa Hadis tersebut diriwayatkan secara maknawi. Dengan demikian,
redaksi dapat berubah selama substansinya dijaga dan dipertahankan. Hal ini
berarti kemungkinan mengalami perubahan mengikuti pola perkembangan wawasan
masyarakat sedemikian tinggi. Artinya, kerinduan untuk menghadirkan kembali
pola kepemimpinan era Nabi yang telah mengalami ‘mitologisasi’ juga menjadi
semakin tinggi dengan cara membandingkan dengan pola kepemimpinan yang sedang
berkembang di lingkungan baru masyarakat muslim. Seperti yang marak akhir-akhir
ini yang segera saja seseorang akan membandingkan antara pola kepemimpinan Nabi
saw. dengan pola demokrasi atau komunis, disertai penilaian bahwa yang lain adalah
lawan yang berkonotasi buruk. Cara pandang yang cukup biner dan terbatas. Padahal,
demokrasi atau komunis tidak disebutkan dalam teks Hadis. Atas alasan apa dia
dimasukkan dalam kategori yang berlawanan dengan pola nubuwwah?
Dua tokoh
besar dari dua zaman yang berbeda, Habib bin Salim dan Ali al-Qari merupakan
cerminan bagaimana harapan terwujudnya suatu keadilan dan kebajikan yang dapat
dirasakan semua orang menjadi esensi dari Hadis transformasi khilafah. Di sisi
lain, kita tidak perlu bersikap pasif terhadap fenomena ketidakadilan sosial
dengan menunggu kedatangan Nabi Isa dan Imam Mahdi karena teks itu sendiri
tidak menjelaskan bahwa keadilan hanya bisa diwujudkan oleh mereka berdua. Keadilan
harus ditegakkan dari sekarang. Dengan demikian, tidak ada persoalan tentang
pola kepemimpinan apapun yang digunakan
kaum muslimin selama ia relevan dengan tujuan prinsipil ajaran Nabi saw.
Bila yang dimaksud kepemimpinan Nabi saw. adalah suatu pola yang berdiri di
atas prinsip keadilan, demikian pula dengan khilafah ‘ala minhaji al-nubuwwah,
maka pola kepemimpinan apapun termasuk di dalamnya demokrasi dapat tergolong
sebagai pola kepemimpinan yang diinginkan Nabi saw. dengan satu catatan, selama
ia berjalan di atas rel keadilan.
VII.
Penutup
Di akhir
tulisan ini, penulis hendak kembali pada persoalan pokok dalam makalah ini.
Pertama, berkaitan dengan otentisitas hadis tersebut -seperti disebutkan di
atas, memiliki banyak jalur periwayatan dengan kualitas sahih, hasan dan
sebagian daif. Kedua, berhubungan dengan penafsiran terhadap hadis tersebut
yang dapat dikelompokkan ke dalam tiga golongan. Golongan salaf, yang
menafsirakn khilafah ala minhaji nubuwah sebagai kekhalifahan pada era Umar bin
Abdul Aziz yang dikenal adil. Golongan kedua diwakili oleh ulama mazhab Hanafi,
Mulla Ali al-Qari yang mengatakan khilafah ala minhaji nubuwwah adalah
pemerintahan pada masa Imam Mahdi. Penafsiran ketiga muncul mewakili era
kontemporer yang direpresentasikan oleh dua kelompok. Yaitu penafsiran ala
Hizbut Tahrir yang memaknai hadis tersebut sebagai perintah teologis, dan kedua
penafsiran Idrus Ramli yang menegaskan bahwa hadis khilafah bukan dimaksudkan
perintah mewujudkan suatu sistem politik tertentu.
Demikian
tulisan ini dibuat, semoga bermanfaat.
[1] Di antara buku yang paling banyak dirujuk untuk soal ini adalah karya
Mahmud al-Thahhan, al-Takhrij wa Dirasat al-Asanid.
[2] ‘Alā’ al-Dīn ‘Ali al-Muttaqi al-Nahdi al-Burhanpuri, Kanz al-‘Umm āl
fi Sunan al-Aqw āl wa al-Af’āl, (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1985), cet.
Ke-5, juz 5, h. 120-121
[3] al-Hafizh Nur al-Din Ali bin Abi Bakr al-Haitsami, Majma’ al-Zawā’id
wa Manba’ al-Fawā’id (Maktabah Syamilah), juz 5, h. 225-227
[4] Dalam pelacakan menggunakan softwer tersebut, digunakan kata kunci
minhaj al-nubuwwah dan takūn khilāfah
[5] Ahmad bin Hanbal, Musnad Ahmad bin Hanbal, 4/273
[6] Al-Bazzar, Musnad al-Bazzar, 7/223
[7] Al-Thayalisi, Musnad al-Thayalisi, 1/349
[8] Al-Thabrani, al-Mu’jam al-Kabir, 1/159, 9/299, 16/231, al-Mu’jam
al-Ausath, 9/109
[9] Al-Ashbahani, Ma’rifat al-Shahabah, 2/134, 1/20
[10] Abu Ya’la, Musnad Abi Ya’la, 2/177
[11] Al-Dzahabi, Siyar a’lām al-Nubalā’, 7/32
[12] Shams ad-Din Abu
Abdillah Muhammad bin Ahmad ad-Dzahabi, Siyar A’lam an-Nubala’
(Kairo: Mu’assasah ar-Risalah, tt), juz 5, h. 406
[13] Yusuf bin al-Zaky Abdurrahman Abu al-Hajjaj
al-Mizzi, Tahdzib al-Kamal, (Beirut: Dar al-Fikr, 19994), juz 5,
h. 375
[14]
Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma ‘il al-Bukhari, at-Tarikh
al-Kabir, CD Room Maktabah Syamilah versi 3.28, juz 5, h. 242
[15] lihat dalam Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqalani, Lisan
al-Mizan, CD Room Maktabah Syamilah, juz 3, h. 392.
[16]
ad-Dzahabi, Siyar A’lam an-Nubala’…, juz 9, h. 378
[17] Lihat lebih lengkap dalam riwayat Ahmad, al-Thayalisi, dan al-Bazzar di
atas.
[18]Pada umumnya, hadis-hadis sejenis dimuat dalam tema ahādits
al-fitan, al-malāhim wa asyrāth al-sā‘ah dalam tema besar bernama
kutub al-akhlaq wa al-raqā’iq.Di antaran buku klasik yang mengulasnya adalah
yang ditulis oleh ulama Andalus kenamaan al-Qurthubi dalam al-Tadzkirah-nyadan
untuk karangan saat sekarang dapat disimak dalam buku ittihāf al-jamā‘ah bi ma jā’a fi al-fitan wa al-malāhim wa
asyrāth al-sā‘ah karya Hamud bin Abdullah al-Tuwaijir. Gagasan
kosmologis kaum sunni banyak yang dibangun di atas fondasi hadis-hadis
tersebut. Masa depan adalah apa yang digambarkan di dalamnya. Kekacauan,
perang, kemerosotan moral yang berpuncak pada kedatangan sosok Dajjal dan
diakhiri dengan datangnya juru selamat, al-Masih, al-Mahdi, dan dipenuhinya
dunia dengan keadilan dan kesejahteraan. Dalam kajian sosial, hal ini banyak
dikaji dalam tema messianisme. Gagasan messianistik dalam hadis didasarkan atas
kepercayaan yang kuat pada hadis. Hadis dipercaya sebagai wahyu, tanpa melihat
kuantitas periwayatan selama memenuhi syarat kesahihan. Sekalipun didasarkan
pada hadis ahad, ia wajib diamini dalam konteks hukum dan keyakinan. Tidak
meyakini hadis-hadis mesianistik yang didasarkan pada pola periwayatan
ahad-sahih dapat dianggap kafir menurut penafsiran paling ekstrim, seperti
dapat ditemukan dalam kelompok Hanbalian. Sikap berbeda ditemukan dalam
pandangan sebagian ahli ushul fiqh yang membedakan konteks pembicaraan dalam
suatu Hadis. Untuk apa, kepada siapa, dan dalam kapasitasnya sebagai apa Nabi
berbicara sehingga tidak seluruh Hadis Nabi muncul sebagai doktrin agama.
Hadis-hadis mesianistik tentu tidak bermuatan hukum. Kecuali sebatas sebagai
nasehat dan bimbingan dalam bersikap.
[19] Bernama lengkap al-Mullah ‘Ali al-Qari bin Sulthan bin Muhammad al-Harawi
al-Hanafi. Lahir di Harrah dan bermukim di Mekah. Seorang ulama bermazhab
hanafi ekstrim. Pengarang banyak buku sekaligus murid dari alim terkenal Mazhab
Syafi’i, Ibnu Hajar al-Haitsami. Kecenderungannya yang kuat pada Mazhab Hanafi,
membuatnya mengarang kitab yang menyudutkan imam-imam mazhab yang lain.
Sehingga banyak ulama memfatwakan haram membaca kitab-kitabnya. Lihat
biografinya dalam al-‘Ishami, Simthu al-Nujum al-‘Awali fi Anba’ al-Awa’il
wa al-Tawali, 2/492, al-Zarkali, al-A’lam, 5/12
[20] al-Mulla Ali al-Qari, Mirqāt al-Mafātih Syarh Misykat
al-Mashābīh, (Maktabah Syamilah), juz 15/330
Komentar
Posting Komentar