Hadis Transformasi Khilafāh; Otentisitas, Pemaknaan dan Perang Ideologi (Kritik Sanad dan Matan)

*M. Khoirul Huda

I.    Pendahuluan
Pasca keruntuhan simbol politiknya pada bulan Maret 1924 oleh Perlemen Turki, kaum muslimin harus berfikir keras merumuskan bagaimana dan seperti apa kehidupan politik mereka selanjutnya. Bentuk negara bangsa, monarkhi, atau bentuk lain yang merepresentasikan lokalitas sepertinya diambil oleh seluruh bangsa beragama Islam. Sebagian berdiri di atas puing dinasti yang pernah berdiri sebelumnya, sebagian lagi mengadopsi sistem politik modern seperti republik, dan yang lain mencoba mengawinkan antara kerajaan dan sistem perpolitikan modern seperti monarkhi konstitusional-parlementer.
Di tengah kondisi demikian, sebagian orang mengidealkan negara dengan dasar Islam. Bahkan sebagian lagi memperjuangkan berdirinya suatu sistem yang dianggap sebagai simbol politik umat Islam yang bersifat internasional, khilafah. Sebagai justifikasi bahwa khilafah merupakan sistem yang diridai oleh Nabi, dan selanjutnya oleh Tuhan, mereka menggunakan sebuah hadis yang secara literal menggunakan redaksi khilāfah. Keberadaan kata khilāfah tersebut dalam hadis disinyalir kuat sebagai dasar keharusan mendirikan negara khilafah. Terlepas dari pemahaman dan ideologisasi hadis semacam itu, makalah ini bermaksud memastikan keberadaan hadis tersebut, melihat ragam penafsiran yang berkembang di sekitarnya, dan selanjutnya menemukan fungsi ideologis dalam sejarah yang pernah melibatkannya.
Seperti umumnya kajian Hadis, pembicaraan dimulai dengan melakukan pelacakan sumber hadis (takhrīj), perbandingan riwayat (I’tibār),dan identifikasi kualitas hadis [al-hukm ‘ala al-hadīts). Selanjutnya, penelitian ditujukan pada substansi matan hadis, untuk mengetahui apakah maksud hadis tersebut berikut tafsiran-tafsirannya. Apakah ia merupakan perintah, anjuran, sekadar pemberitaan, atau ada maksud-maksud lain di balik hadis tersebut. Yang terakhir ini adalah untuk menemukan konteks Hadis. Pembicaraan dilanjutkan pada fungsi ideologis, yang tentu saja akan menarik jaringan makna yang terkait dengannya seperti aspek sosio-politik dan sosio-akademik. Kita akan melihat sejauh mana Hadis berfungsi dalam membentuk cita-cita politik kaum muslimin pada suatu masa tertentu. Makalah ini akan diakhiri dengan penutup yang berisikan catatan, simpulan dan sedikit rekomendasi yang ditujukan untuk para peneliti Hadis dan pengguna Hadis baik untuk kepentingan ideologis-politis maupun lainnya.


II. Takhrīj
Takhrīj merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melacak keberadaan Hadis dalam buku-buku yang dikenal sebagai kumpulan Hadis. Biasanya Takhrīj dilakukan dengan menggunakan buku-buku kamus Hadis, baik yang dikarang ulama Islam sendiri maupun para orientalis yang berkecimpung dalam bidang Hadis. Melalui kamus-kamus tersebut, dapat diketahui letak suatu hadis yang sedang dicari dalam satu kitab tertentu. Selanjutnya, pen- Takhrīj menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan merujuk kepada kitab Hadis yang direkomendasikan oleh kamus.
Sampai saat ini, terdapat beragam kamus Hadis yang tersedia. Baik yang disusun berdasarkan kosa kata, potongan awal Hadis maupun kamus yang dikarang berdasar tema Hadis.[1]
Kamus yang disusun berdasarkan kosa kata di antaranya Mu’jam al-Mufahras Li Alfazh al-Hadits al-Nabawi. Sebuah kamus karya Tim Pengkaji Budaya Timur (oriental) yang diketuai oleh orientalis terkemuka A.J. Wensink. Sedangkan kamus yang disusun berdasar potongan awal kalimat dalam suatu hadis seperti al-Jāmi’ al-Shaghīr, salah satu karya al-Suyuthi yang banyak dipakai di dunia pesantren. Sedangkan kamus yang disusun berdasarkan tema-tema yang terdapat dalam Hadis di antaranya Kanz al-Ummāl fi Sunan al-Aqwāl wa al-Af’āl karya ulama kenamaan India ‘Alā’ al-Dīn ‘Ali al-Muttaqi al-Nahdi al-Burhanpuri (w. 975 H.) atau Majma‘ al-Zawā’id wa Manba’ al-Fawā’id karya al-Hafizh Nur al-Din Ali bin Abi Bakr al-Haitsami (w. 807 H.).
Dalam proses takhrīj ini, penulis memilih menggunakan kamus yang disusun berdasar tema. Yakni dengan menggunakan dua kamus terakhir. Sebelum melakukan pencarian melalui metode tematik-maudhu’i, hal paling pokok adalah menentukan tema. Hadis yang hendak dicari dalam hal ini adalah yang bertemakan khilāfah. Lebih spesifiknya, khilāfah yang mengalami transformasi, atau transformasi khilāfah. Setelah menentukan tema, dan pelacakan dimulai, dari kamus yang pertama, Kanz al-‘Ummāl,pada bab Kitāb al-Imārah wa al-Qadhā, sub bab Lawahiq al-Im ārah min al-Ikmāl penulis menemukan data sebagaimana berikut:[2]


No.
Redaksi Kanzu al-Ummal/Hadis
Rawi Sahabat
Kitab Sumber
Mukharrij
01.
15110- "إن فيكم النبوة، ثم تكون خلافة على منهاج النبوة، ثم تكون ملكا وجبرية" . "طب عن أبي عبيدة بن الجراح وبشير بن سعد والد النعمان بن بشير".

Abu Ubaid bin al-Jarrah, Basyir bin Sa’d
al-Mu’jam al-Kabir
al-Thabrani
02.
15111- "إن هذا الأمر بدأ رحمة ونبوة ثم يكون رحمة وخلافة ثم كائن ملكا عضوضا 1، ثم كائن عتوا وجبرية 2 وفسادا في الأرض يستحلون الحرير والفروج، والخمور ويرزقون على ذلك وينصرون حتى يلقوا الله عز وجل" . "طب وأبو نعيم في المعرفة عن أبي ثعلبة الخشني عن معاذ وأبي عبيدة بن الجراح".

Abu Tsa’labah, Mu’adz bin Jabal, Abu Ubaidah bin al-Jarrah
al-Mu’jam al-Kabir, Ma’rifat al-
Shahabah
al-Thabrani, Abu Nu’aim
03.
15112- "إن هذا الأمر بدأ نبوة ورحمة ثم يكون خلافة ورحمة ثم يكون ملكا عضوضا يشربون الخمور ويلبسون الحرير ويستحلون الفروج وينصرون ويرزقون حتى يأتيهم أمر الله" . "نعيم بن حماد في الفتن عن حذيفة".

Hudzaifah,
Ma’rifat al-Shahabah
Abu Nu’aim
04.
15113- "أول هذه الأمة نبوة ورحمة، ثم خلافة ورحمة، ثم ملك عاض وفيه رحمة، ثم جبروة 1 صلعاء ليس لأحد فيها متعلق تضرب فيها الرقاب وتقطع فيها الأيدي والأرجل وتؤخذ فيها الأموال" . "نعيم بن حماد في الفتن عن أبي عبيدة بن الجراح".
Abu Ubaidah bin al-Jarrah
Ma’rifat al-Shahabah
Abu Nu’aim
05.
15114- "تكون النبوة فيكم ما شاء الله أن تكون، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها، ثم تكون خلافة على منهاج النبوة فتكون ما شاء الله أن تكون، ثم يرفعها، ثم تكون ملكا عضوضا فتكون ما شاء الله، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ثم ملكا جبرية ثم تكون خلافة على منهاج النبوة" . "ط د حم 2 والروياني ص عن نعمان بن بشير عن حذيفة".

Nu’man bin Basyir, Hudzaifah


al-Mu’jam al-Kabir, Musnad
Ahmad, Musnad Abu Dawud,
Ma’rifat al-Shahabah
Al-Thabrani, Ahmad, Abu Dawud al-Thayalisi, Abu Nu’aim

Berdasar data di atas, dapat diambil informasi bahwa terdapat banyak riwayat tentang Hadis yang bersubstansikan transformasi khilāfah. Di antaranya tersebar dalam Mu’jam al-Kabīr karya al-Thabrani, Musnad Ahmad, Musnad al-Thayalisi karya Abu Dawud al-Thayalisi, dan Ma‘rifat al-Shahābah karya Abu Nu’aim al-Ashbahani. Redaksi yang berbeda-beda tersebut mempunyai perawi tingkat sahabat berjumlah lima orang. Mereka adalah Abu Tsa’labah, al-Nu’man bin Basyir, Abu Ubaidah bin al-Jarrah, Mu’adz, dan Hudzaifah bin al-Yaman.
Sebagai pembanding dan pelengkap, penulis akan menggunakan kitab Majma‘ al-Zawā’id wa Manba’ al-Fawā’id karya al-Hafizh Nur al-Din Ali bin Abi Bakr al-Haitsami (w. 807 H.). Menurut kitab ini, dalam bab Kaifa Bada’at al-Imāmah wa Mā Tashīru ilaihi wa al-Khilāfah wa al-Mulk (Bab Pembentukan Kepemimpinan dan Nasibnya; Khilafah dan Kerajaan), didapati riwayat yang lebih banyak dari kamus sebelumnya.[3]



No.
Redaksi Hadis dalam Majma
Rawi Level Sahabat
Keterangan al-Haitsami
Sumber Hadis/Mukharrij
01.
-8960عن النعمان بن بشير قال: كنا قعوداً في المسجد وكان بشير رجلاً يكف حديثه،فجاء أبو ثعلبة الخشني فقال: يا بشير بن سعد أتحفظ حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأمراء؟ فقال حذيفة: أنا أحفظ خطبته فجلس أبو ثعلبة فقال حذيفة: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"تكون النبوة فيكم ما شاء الله أن تكون،ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها،ثم تكون خلافة على منهاج النبوة،فتكون ما شاء الله أن تكون،ثم يرفعها إذا شاء [الله] أن يرفعها،ثم تكون ملكاً عاضاً فتكون ما شاء الله أن تكون،ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها [ثم تكون ملكاً جبرية فتكون ما شاء الله أن تكون ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها] ثم تكون خلافة على منهاج نبوة". ثم سكت.

قال حبيب: فلما قام عمر بن عبد العزيز وكان يزيد بن النعمان بن بشير في صحابته فكتبت إليه بهذا الحديث أذكره إياه فقلت: إني لأرجو أن يكون أمير المؤمنين - يعني عمر - بعد الملك العاض والجبرية فأدخل كتابي على عمر بن عبد العزيز فسر به وأعجبه.
Al-Nu’man bin Basyir, Basyir bin Sa’d, Hudzaifah,
رواه أحمد في ترجمة النعمان،والبزار أتم منه والطبرانيببعضه في الأوسط ورجاله ثقات.

Ahmad, al-Bazzar, al-Thabrani
02.
8961-وعن أبي ثعلبة الخشني قال: كان معاذ بن جبل وأبو عبيدة يتناجيان بينهما بحديث فقلت لهما: ما حفظتما وصية رسول الله صلى الله عليه وسلم،وكان أوصاهما بي. فقالا: ما أردنا أن ننتجي بشيء دونك إنا ذكرنا حديثاً حدثنا رسول الله صلى الله عليه وسلم فجعلا يتذاكرانه وقالا:"إنه بدأ هذا الأمر نبوة ورحمة،ثم كائن خلافة ورحمة،ثم كائن ملكاً عضوضاً،ثم كائن عتواً وجبرية وفساداً في الأمة يستحلون الحرير والخمر [والفروج] والفساد [في الأمة] ينصرون على ذلك ويرزقون أبداً حتى يلقوا الله عز وجل"
Abu Tsa’labah, Mu’adz bin Jabal, Abu Ubaidah


رواه أبو يعلى والبزار عن أبي عبيدة وحده قال: قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم:"إن أول دينكم بدأ نبوة
ورحمة" فذكر نحوه.

Abu Ya’la, al-Bazzar,
03.
8962-ورواه الطبراني عن معاذ وأبي عبيدة قالا: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فذكر نحو حديث أبي يعلى وزاد: "يستحلون الحرير والفروج والخمور".
Mu’adz bin Jabal, Abu Ubaidah
وفيه ليث بن أبي سليم وهو ثقة ولكنه مدلس،وبقية رجاله ثقات.


04.
8963-عن أبي ثعلبة الخشني قال: لقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلت: يا رسول الله ادفعني إلى رجل حسن التعليم،فدفعني إلى أبي عبيدة بن الجراح ثم قال:"قد دفعتك إلى رجل يحسن تعليمك وأدبك".فأتيت وهو وبشير بن سعد أبو النعمان يتحدثان فلما رأياني سكتا فقلت: يا أبا عبيدة والله ما هكذا حدثني رسول الله صلى الله عليه وسلم،قال: فاجلس حتى نحدثك فقال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"إن فيكم النبوة ثم تكون خلافة على منهاج النبوة ثم تكون ملكاً وجبرية".
Abu Tsa’labah, Basyir bin Sa’d, Abu Ubaidah
رواه الطبراني وفيه رجل لم يسم ورجل مجهول أيضاً
Al-Thabrani
05.
8964-وعن ابن عباس قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"أول هذا الأمر نبوة ورحمة،ثم يكون خلافة ورحمة،ثم يكون ملكاً ورحمة،ثم يكون إمارة ورحمة،ثم يتكادمون عليها تكادم الحمير،فعليكم بالجهاد وإن أفضل جهادكم الرباط وإن أفضل رباطكم عسقلان".
Ibnu Abbas
رواه الطبراني ورجاله ثقات
Al-Thabrani
06.
8965-وعن قيس بن جابر الصدفي عن أبيه عن جده أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:"سيكون من بعدي خلفاء،ومن بعد الخلفاء أمراء،ومن بعد الأمراء ملوك،ومن بعد الملوك جبابرة،ثم يخرج رجل من أهل بيتي يملأ الأرض عدلاً كما ملئت جوراً،ثم يؤمر القحطاني فوالذي بعثني بالحق ما هو دونه".
Majid (kakek Qais bin Jabir)

رواه الطبراني وفيه جماعة لم أعرفهم.

Al-Thabrani
07.
8966-وعن معاذ بن جبل قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:"ثلاثون نبوة وملك ثلاثون وجبروت وما وراء ذلك لا خير فيه".
Mu’adz bin Jabal


رواه الطبراني في الأوسط وفيه مطر بن العلاء الرملي ولم أعرفه، وبقية رجاله ثقات.

Al-Thabrani

Terdapat tambahan informasi bahwa hadis-hadis yang ber-substansikan transformasi khilāfah, selain diriwayatkan oleh Abu Tsa’labah, al-Nu’man bin Basyir, Abu Ubaidah bin al-Jarrah, Mu’adz, dan Hudzaifah bin al-Yaman, juga ditemukan perawi sahabat lain. Yakni Majid, kakek Qais bin Jabir dan Ibnu Abbas. Dengan demikian terdapat tujuh orang rawi pada level sahabat. Sedangkan untuk mukharrij-nya, selain diriwayatkan oleh Mu’jam al-Kabīr al-Thabrani, Musnad Ahmad, Musnad al-Thayalisi karya Abu Dawud al-Thayalisi, dan Ma‘rifat al-Shahābah karya Abu Nu’aim al-Ashbahani, hadis-hadis tersebut juga diriwayatkan al-Bazzar dan Abu Ya’la. Masing-masing meriwayatkan dalam kitab Musnad-nya. Dengan demikian terdapat enam kitab yang mencantumkan Hadis tersebut.

III.    I‘tibār
Selanjutnya, akan dilacak (dan dipastikan) keberadaan Hadis-hadis tersebut dalam kitab yang telah direkomendasikan oleh kedua kamus di atas. Dengan menggunakan bantuan search engine al-Maktabah al-Syamilah versi 3.28, berhasil ditemukan riwayat lengkap seperti di bawah ini:[4]

a.         Riwayat Ahmad[5]

 18430 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا سليمان بن داود الطيالسي حدثني داود بن إبراهيم الواسطي حدثني حبيب بن سالم عن النعمان بن بشير قال : كنا قعودا في المسجد مع رسول الله صلى الله عليه و سلم وكان بشير رجلا يكف حديثه فجاء أبو ثعلبة الخشني فقال يا بشير بن سعد أتحفظ حديث رسول الله صلى الله عليه و سلم في الأمراء فقال حذيفة أنا أحفظ خطبته فجلس أبو ثعلبة فقال حذيفة قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تكون النبوة فيكم ما شاء الله ان تكون ثم يرفعها إذا شاء ان يرفعها ثم تكون خلافة على منهاج النبوة فتكون ما شاء الله ان تكون ثم يرفعها إذا شاء الله أن يرفعها ثم تكون ملكا عاضا فيكون ما شاء الله ان يكون ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ثم تكون ملكا جبرية فتكون ما شاء الله ان تكون ثم يرفعها إذا شاء ان يرفعها ثم تكون خلافة على منهاج النبوة ثم سكت قال حبيب فلما قام عمر بن عبد العزيز وكان يزيد بن النعمان بن بشير في صحابته فكتبت إليه بهذا الحديث أذكره إياه فقلت له انى أرجو ان يكون أمير المؤمنين يعنى عمر بعد الملك العاض والجبرية فادخل كتابي على عمر بن عبد العزيز فسر به وأعجبه
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده حسن

23479 - حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا عبد الرزاق ثنا أبو بكار حدثني خلاد بن عبد الرحمن أنه سمع أبا الطفيل يحدث أنه سمع حذيفة بن اليمان يقول : يا أيها الناس ألا تسألوني فإن الناس كانوا يسألون رسول الله صلى الله عليه و سلم عن الخير وكنت أسأله عن الشر أن الله بعث نبيه عليه الصلاة و السلام فدعا الناس من الكفر إلى الإيمان ومن الضلالة إلى الهدى فاستجاب من استجاب فحي من الحق ما كان ميتا ومات من الباطل ما كان حيا ثم ذهبت النبوة فكانت الخلافة على منهاج النبوة
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح

b.         Riwayat al-Bazzar[6]
النُّعْمَانُ بْنُ بَشِيرٍ عَنْ حُذَيْفَةَ.
2796- حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ سُكَيْنٍ ، قَالَ : أَخْبَرَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِسْحَاقَ الْحَضْرَمِيُّ ، قَالَ : أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ دَاوُدَ ، قَالَ : حَدَّثَنِي حَبِيبُ بْنُ سَالِمٍ ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّهُ كَانَ مَعَ أَبِيهِ بَشِيرِ بْنِ سَعْدٍ ، فِي الْمَسْجِدِ فَجَاءَ أَبُو ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيُّ ، فَقَالَ لَهُ : يَا بَشِيرُ ، أَتَحْفَظُ خُطْبَةَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْخُلَفَاءِ ؟ فَقَالَ : لاَ ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ بْنُ الْيَمَانِ : وَهُوَ قَاعِدٌ ، أَنَا أَحْفَظُهَا ، فَقَعَدَ إِلَيْهِمْ أَبُو ثَعْلَبَةَ ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ : إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِذَا شَاءَ ، ثُمَّ تَكُونُ الْخِلاَفَةُ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ تَكُونَ ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا ، ثُمَّ يَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا فَتَكُونُ مُلْكًا مَا شَاءَ اللَّهُ ، ثُمَّ يَرْفَعُهُ إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهُ مُلْكًا جَبْرِيَّةً ، ثُمَّ تَكُونُ خِلاَفَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ ، ثُمَّ سَكَتَ قَالَ حَبِيبٌ : فَلَمَّا قَامَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ ، قَالَ ابْنُ النُّعْمَانِ : أَنَا أَرْجُو أَنْ يَكُونَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ هُوَ قَالَ : فَأُدْخِلَ حَبِيبٌ عَلَى عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ فَحَدَّثَهُ ، فَأَعْجَبَهُ يَعْنِي ذَلِكَ.وَهَذَا الْحَدِيثُ لاَ نَعْلَمُ أَحَدًا قَالَ فِيهِ : النُّعْمَانُ عَنْ حُذَيْفَةَ إِلاَّ إِبْرَاهِيمُ بْنُ دَاوُدَ.

c.         Riwayat Musnad Abu Dawud al-Thayalisi[7]
439 - حدثنا أبو داود قال : حدثنا داود الواسطي ، وكان ثقة ، قال : سمعت حبيب بن سالم ، قال : سمعت النعمان بن بشير بن سعد ، قال : كنا قعودا في المسجد مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ، وكان بشير رجلا يكف حديثه ، فجاء أبو ثعلبة ، فقال : يا بشير بن سعد ، أتحفظ حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأمراء ؟ وكان حذيفة قاعدا مع بشير ، فقال حذيفة : أنا أحفظ خطبته ، فجلس أبو ثعلبة ، فقال حذيفة : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « إنكم في النبوة ما شاء الله أن تكون ، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ، ثم تكون خلافة على منهاج النبوة ، فتكون ما شاء الله أن تكون ، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ، ثم تكون ملكا عاضا (1) ، فيكون ما شاء الله أن يكون ، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ، ثم تكون جبرية (2) ، فتكون ما شاء الله أن تكون ، ثم يرفعها إذا شاء أن يرفعها ، ثم تكون خلافة على منهاج النبوة » ، ثم سكت ، قال : فقدم عمر ومعه يزيد بن النعمان في صحابته ، فكتبت إليه أذكره الحديث فكتبت إليه : إنى أرجو أن يكون أمير المؤمنين بعد الملك العاض والجبرية قال : فأخذ يزيد الكتاب فأدخله على عمر ، فسر به وأعجبه

d.         Riwayat al-Thabrani[8]
372- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ ، حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ ، حَدَّثَنَا فِرْدَوْسٌ الأَشْعَرِيُّ ، حَدَّثَنَا مَسْعُودُ بن سُلَيْمَانَ ، عَنْ حَبِيبِ بن أَبِي ثَابِتٍ ، عَنْ رَجُلٍ ، مِنْ قُرَيْشٍ ، عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ ، قَالَ : لَقِيتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، ادْفَعْنِي إِلَى رَجُلٍ حَسَنِ التَّعْلِيمِ ، فَدَفَعَنِي إِلَى أَبِي عُبَيْدَةَ بن الْجَرَّاحِ ، ثُمَّ قَالَ : قَدْ دَفَعْتُكَ إِلَى رَجُلٍ يُحْسِنُ تَعْلِيمَكَ وَأَدَبَكَ ، فَأَتَيْتُ أَبَا عُبَيْدَةَ بن الْجَرَّاحِ وَهُوَ وَبَشِيرُ بن سَعْدٍ أَبُو النُّعْمَانِ بن بَشِيرٍ يَتَحَدَّثَانِ ، فَلَمَّا رَأَيَانِي سَكَتَا ، فَقُلْتُ : يَا أَبَا عُبَيْدَةَ ، وَاللَّهِ مَا هَكَذَا حَدَّثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : إِنَّكَ جِئْتَ وَنَحْنُ نَتَحَدَّثُ حَدِيثًا سَمِعْنَاهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاجْلِسِ حَتَّى نُحَدِّثَكَ ، فَقَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ فِيكُمُ النُّبُوَّةَ ، ثُمَّ تَكُونُ خِلافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةْ ، ثُمَّ يَكُونُ مُلْكًا وَجَبَرِيَّةً.

10975 - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بن النَّضْرِ الْعَسْكَرِيُّ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بن حَفْصٍ النُّفَيْلِيُّ، حَدَّثَنَا مُوسَى بن أَعْيَنَ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ فِطْرِ بن خَلِيفَةَ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:أَوَّلُ هَذَا الأَمْرِ نُبُوَّةٌ وَرَحْمَةٌ، ثُمَّ يَكُونُ خِلافَةً وَرَحْمَةً، ثُمَّ يَكُونُ مُلْكًا وَرَحْمَةً، ثُمَّ يَكُونُ إِمَارَةً وَرَحْمَةً، ثُمَّ يَتَكادَمُونَ عَلَيْهِ تَكادُمَ الْحُمُرِ، فَعَلَيْكُمْ بِالْجِهَادِ، وَإِنَّ أَفْضَلَ جهادِكُمُ الرِّبَاطُ، وَإِنَّ أَفْضَلَ رباطِكُمْ عَسْقَلانُ.

18372 - حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ النَّحْوِيُّ، ثنا سُلَيْمَانُ بن عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدِّمَشْقِيُّ، ثنا حُسَيْنُ بن عَلِيٍّ الْكِنْدِيِّ مَوْلَى جَرِيرٍ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ قَيْسِ بن جَابِرٍ الصَّدَفِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ: أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ:سَيَكُونُ مِنْ بَعْدِي خُلَفَاءُ، وَمِنْ بَعْدِ الْخُلَفَاءِ أُمَرَاءُ، وَمِنْ بَعْدِ الأُمَرَاءِ مُلُوكٌ، وَمِنْ بَعْدِ الْمُلُوكِ جَبَابِرَةٌ، ثُمَّ يَخْرُجُ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يَمْلأُ الأَرْضَ عَدْلا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا، ثُمَّ يُؤَمَّرُ الْقَحْطَانِيُّ، فَوَالَّذِي بَعَثَنِي بِالْحَقِّ مَا هُوَ دُونَهُ.
مَنْ يُكَنَّى أَبَا الْعَلاءِ

 9270 - حدثنا الوليد بن حماد الرملي نا سليمان بن عبد الرحمن نا مطر بن العلاء ثنا عبد الملك بن يسار الثقفي نا أبو أمية الشعباني وكان قد أدرك الجاهلية حدثني معاذ بن جبل قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ثلاثون نبوة وملك وثلاثون ملك وجبروت وما وراء ذلك فلا خير فيه

e.         Riwayat Abu Nu’aim[9]
573 - حدثنا سليمان بن أحمد ، ثنا محمد بن عبد الله الحضرمي ، ثنا أبو كريب ، ثنا فردوس بن الأشعري ، ثنا مسعود بن سليمان ، عن حبيب بن أبي ثابت ، عن رجل من قريش ، عن أبي ثعلبة ، قال : لقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلت : يا رسول الله ، ادفعني إلى رجل حسن التعليم ، فدفعني إلى أبي عبيدة بن الجراح ، ثم قال : « قد دفعتك إلى رجل يحسن تعليمك وأدبك » ، فأتيت أبا عبيدة وهو وبشير بن سعد أبو النعمان بن بشير يتحدثان ، فلما رأياني سكتا ، فقلت : يا أبا عبد الله ، والله ما هكذا أوصاك رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فقال : إنك جئت ونحن نتحدث حديثا سمعناه من رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فاجلس حتى نحدثك ، فقال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « إن فيكم النبوة ، ثم يكون خلافة على منهاج النبوة ، ثم يكون ملكا وجبرية »

ورواه يحيى بن حمزة الدمشقي فيما روى أولاده عنه ، عن عمرو بن مهاجر ، عن مكحول ، عن أبي ثعلبة ، أنه أتى على أبي عبيدة ، وبشير بن سعد وهما يتذاكران ، فذكر مثله . وتابعه عبيد الله بن عبيد أبو وهب ، عن مكحول ، عن أبي ثعلبة ، عن أبي عبيدة ، وكذلك صدقة بن خالد ، عن هشام بن الغاز ، عن مكحول ، عن أبي ثعلبة ، عن أبي عبيدة مختصرا . ورواه الأوزاعي ، عن مكحول ، عن أبي عبيدة بإسقاط أبي ثعلبة مختصرا . رواه عبد الرحمن بن يزيد بن جابر ، عن عمير بن هانئ ، عن أبي أمية الشعباني ، عن أبي عبيدة موقوفا ، ورفعه عن ابن جابر عمارة بن بشير

6130 - حدثنا سليمان بن أحمد ، ثنا أبو عامر النحوي ، ثنا سليمان بن عبد الرحمن الدمشقي ، ثنا حنين بن علي الكندي ، مولى جذع ، عن الأوزاعي ، عن قيس بن جابر ، عن أبيه ، عن جده ، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : « سيكون من بعدي خلفاء ، ومن بعد الخلفاء أمراء ، ومن بعد الأمراء ملوك ، ومن بعد الملوك جبابرة ، ثم يخرج رجل من أهل بيتي يملأ الأرض عدلا كما ملئت جورا ، ثم يؤمر القحطاني ، فوالذي بعثني بالحق ما هو دونه »

f.          Riwayat Abu Ya’la[10]
 - 873 حدثنا أبو خيثمة حدثنا جرير عن ليث عن عبد الرحمن بن سابط عن أبي ثعلبة الخشني قال : كان أبو عبيدة بن الجراح و معاذ بن جبل يتناجيان بينهما بحديث فقلت لهما : ما حفظتما وصية رسول الله صلى الله عليه و سلم بي قال : وكان أوصاهما بي قالا : ما أردنا أن ننتجي بشيء دونك إنما ذكرنا حديثا حدثنا رسول الله صلى الله عليه و سلم فجعلا يتذاكرانه قالا : إنه بدأ هذا الأمر نبوة ورحمة ثم كائن خلافة ورحمة ثم كائن ملكا عضوضا ثم كائن عتوا وجبرية وفسادا في الأمة يستحلون الحرير والخمور والفروج والفساد في الأرض ينصرون على ذلك ويرزقون أبدا حتى يلقوا الله
قال حسين سليم أسد : إسناده ضعيف

Dari data yang ditemukan disimpulkan bahwa Hadis tersebut diriwayatkan oleh lima orang sahabat, dan diketahui oleh delapan orang sahabat yang dikumpulkan oleh enam orang mukharrij (pengumpul Hadis). Dari kelima sahabat hingga enam mukharrij, ditemukan paling tidak enam jalur periwayatan (thuruq). Dengan demikian, Hadis ini cukup dikenal oleh para sahabat. Dengan bermodalkan lima rawi pada level sahabat dan perkembangan jalur periwayatan pada level-level setelahnya, substansi Hadis ini masuk ke dalam kategori mutawatir, sekalipun terbilang minimalis. Terdapat dua pertimbangan penting untuk memberikan status mutawatir pada Hadis ini. Pertama, secara demografis, pesebaran Hadis terbilang cukup jauh. Mulai dari Mesir di barat, Syam-Palestina, Yaman, Baghdad, Bashrah, Kufah hingga Ashfihan di timur.
Kedua, Hadis tentang transformasi khilāfah juga diriwayatkan oleh para perawi yang mempunyai latar belakang ideologi berbeda. Sebagian di antaranya merupakan pendukung Ali (syī‘at ‘aliyy). Di bawah ini merupakan data yang berhasil dihimpun tentang komposisi demografi dua puluh tiga penyebar, yang sekaligus menunjukkan area pesebaran Hadis di beberapa wilayah. Sekalipun tidak menyeluruh, tapi cukup mewakili keterlibatan daerah-daerah yang disebutkan namanya.

No.
Nama Perawi/Mukharrij
Tahun Wafat
Wilayah
01.
Abu Tsa’labah 
40 H.
Syam
02.
al-Nu’man bin Basyir 
65 H.
Himsh
03.
Abu Ubaidah bin al-Jarrah
18 H.
Baisan, Ramlah-Baitul Muqaddas
04.
Mu’adz  bin Jabal
18 H.
Syam/Urdun)
05.
Hudzaifah bin al-Yaman 
setelah kematian utsman
Madain, Irak
06.
Majid, kakek dari Qais bin Jabir

Madinah
07.
Ibnu Abbas
68 H.
Thaif
08.
Abu Ya’la
307 H.
Takin, Mesir
09.
al-Bazzar

292 H.
Asbahan, Baghdad, Syam. meninggal di Ramlah Palestina
10.
al-Thabrani
260 H.-360 H.
Asfihan
11.
Dawud bin Ibrahim al-Wasithi

Bashrah
12.
al-Thayalisi
207 H.
Bashrah
13.
Firdaus bin al-Asy’ari

Kufah
14.
Abu Kuraib

Kufah
15.
Fithr bin Khalifah

Kufah
16.
Musa bin A’yan

Harran
17.
Said bin Hafsh

Harran
18.
Ahmad bin Nadhr bin Bahr

Baghdad
19.
Abu Thufail

Sahabat, Kufah-Mekah
20.
Khallad bin Abdurrahman

Yaman, San’a
21.
Bakkar

Yaman, San’a
22.
Abdurrazzaq

Yamani
23.
Ahmad bin Hanbal

Baghdad

Sebagian perawi merupakan pendukung utama Ali bin Abi Thalib dalam percaturan politik. Pada level sahabat ditemukan nama Abdullah Ibnu Abbas, dan pada level lima (shighār al-tabi‘īn) ditemukan perawi bernama Fithr bin Khalifah (w. 150 H.) yang dikenal oleh para biografer rawi sebagai simpatisan kelompok Syiah (tashayyu‘).[11]

IV.   Kualitas Hadis.. Sanadan..
                   Dua pertimbangan di atas merupakan dasar pengkategorian mutawatir pada Hadis-hadis yang bersubstansikan transformasi khilāfah. Kemutawatiran yang dimaksud di sini bukan secara tekstual, melainkan berdasar substansi Hadis. Karena, sangat jarang atau bahkan tidak mungkin menemukan suatu redaksi Hadis yang memiliki konsistensi tingkat tinggi setelah melalui pesebaran jauh dari daerah asalnya, atau diriwayatkan oleh sekian generasi. Namun, secara gamblang dapat dipastikan bahwa Hadis transformasi khilāfah di atas memiliki lebih dari satu jalur, sejak dari level sahabatnya.
Menurut informasi yang dihimpun dari penelitian para editor-muhaqqiq kitab-kitab yang direkomendasikan kamus, sebagian Hadis bernilai sahih, sebagian lain berstatus daif. Kedaifan disebabkan di antaranya oleh adanya rawi yang tidak diketahui identitasnya (majhūl). Sebagian lagi disinyalir sebagai mudallis (pendistorsi, melakukan perbaikan sanad), mukhtalith (mengalami gangguan ingatan), dan berideologi syiah ekstrim seperti dapat dilihat pada salah satu perawi yang terdapat dalam sanad Abu Ya’la yang bernama Jarir bin Abd al-Hamid bin Qarth al-Dhabbi al-Kufi. Mengingat banyaknya jalur-jalur periwayatan yang ada, menurut standar ilmu Hadis, bahwa masing-masing saling menguatkan. Baik sebagai syāhid (penguat pada level sahabat), maupun mutābi‘ (penguat pada level selain sahabat). Hadis-hadis yang lemah secara sanad, dapat diperkuat dan dinaikkan derajatnya kepada kategori yang lebih tinggi. Jika ia berstatus lemah, ia dapat naik menjadi hasan li ghairih. Karenanya, kualitas Hadis yang bersubstansikan transformasi khilāfah dinilai valid-otentik dari Nabi, mengingat penelitian sanad yang telah dilakukan di atas.
Untuk menguatkan tesis di atas, sekaligus mengukuhkan bahwa Hadis ini mempunyai rangkaian sanad yang baik dan dapat diterima menurut ukuran Ilmu Hadis, di bawah ini akan dikaji satu jalur periwayatan yang paling pendek. Yaitu jalur periwayatan al-Ima>m Ahmad bin Hanbal dalam kitab Musnad-nya. Dalam sanad tersebut terdapat empat orang rawi. Mereka adalah [1] an-Nu‘man bin Thabit, [2] Habib bin Salim, [3] Ibrahim al-Wasiti, [4] Sulayman bin Dawud at-Tayalisi. Dalam Ilmu Hadis, sanad dengan jumlah rawi sedikit disebut sanad ‘Ali  (tinggi). Selanjutnya, keempat rawi tersebut akan dikaji secara berurutan.



1.     al-Numan bin Tabit
Seorang sahabat terkenal yang memiliki koleksi hadis (musnad) sebanyak 114 buah. Bernama lengkap an-Nu ‘man bin Thabit bin Bashir bin Sa‘d bin Tha‘labah bin al-Jallas al-Ansari al-Khazraji, Abu Abdillah al-Madani. Ayahnya, Bashir bin Sa‘d termasuk sahabat yang terlibat perang Badar. Lahir pada tahun 2 H. Madinah. Dengan demikian, ia termasuk sahabat junior. Meninggal pada 65 H. di Hims. Di antara muridnya Habib bin Salim.[12]

2.     Habib bin Salim
Habib bin Salim al-Ansari, mawla sekaligus juru tulis an-Nu ‘man bin Bashir. wusta min at-tabi‘in. Tidak ditemukan riwayat lebih lanjut tentang dia. Hanya saja semua biografer sepakat dia adalah murid sekaligus juru tulis an-Nu ‘man bin Bashir. sedangkan muridnya di antaranya Dawud bin Ibrahi al-Wasiti.[13]

3.     Dawud bin Ibrahim al-Wasiti
Para biografer mencatatnya sebagai murid Habib bin Salim al-Ansari. Al-Bukhari dalam at-Tarikh al-Kabir mengatakan dia adalah orang Basrah  (Basri).[14] Hampir semuanya mencatat bahwa di antara muridnya ialah Sulayman bin Dawud at-Tayalisi. Selain meriwayatkan at-Tayalisi menegaskan ke-thiqah-an al-Wasiti. [15]

4.     Sulayman bin Dawud at-Tayalisi
Bernama lengkap Sulayman bin Dawud bin al-Jarud Abu Dawud aat-Tayalisi al-Basri mawla keluarga az-Zubayr bin al-‘Awwam. Meninggal pada tahun 204 H. di antara gurunya adalah  Dawud bin Ibrahim al-Wasiti.[16]

Sedangkan kualitas para rawi di atas dapat disimak dalam tabel di bawah ini:

No.
Rawi
Komentar Ulama
01.
an-Numan bin Tabit
Sahabat
02.
Habib bin Salim
thiqah, fihi nazhar, laysa  fi mutuni ahadithihi hadith munkar bal qad ittaraba fi asanidi ma yurwa ‘anhu.
03.
Dawud bin Ibrahim al-Wasiti
thiqah
04.
Sulayman bin Dawud at-Tayalisi
amir al-mu’minin, kathir al-khata’, min al-mudallisin


Berdasarkan data di atas, terdapat dua rawi yang memiliki penilaian yang cenderung kontradiktif. Mereka adalah Habib bin Salim dan Sulayman bin Dawud at-Tayalisi. Perbedaan penilaian semacam ini merupakan fenomena yang lumrah dalam tradisi jarhu wa ta’dil. Terdapat sekian kaidah untuk menyelesaikan atau mentarjih masing-masing penilaian.

Dalam penilaian terhadap Habib bin Salim, redaksi fihi nazhar  yang digunakan al-Bukhari menunjukkan tingkat kecacatan yang tidak terlalu fatal. Namun tidak dijelaskan bentuk kecacatan yang dimaksud. Sesuai kaidah, bila terdapat dua penilaian yang bertentangan namun penilaian buruk (jarhu) tidak dijelaskan secara rinci, maka yang diunggulkan adalah penilaian baiknya (ta’dil). Di antara sekian para mujarrih, hanya al-Bukhari yang menilai miring. Dan seperti dikatakan sebelumnya, penilaiannya tidak dibarengi keterangan.
Sedangkan Sulayman bin Dawud at-Tayalisi adalah imam besar dalam Hadis. Banyak meriwayatkan berdasarkan hafalan. Di antara sekian ribu Hadis yang dihafalnya, terdapat sebagian yang terlupakan. Bahkan sebagian ulama memasukkannya ke dalam barisan kaum mudallis. Namun, hal ini tidak mengurangi derajatnya sebagai amir al-mu ‘minin fi al-hadith. Terlupakannya sebagian Hadis tidak seberapa dibanding hadis-hadis yang masih dihafalnya. Dan tadlis yang dilakukannya hanya pada guru-gurunya yang thiqah. Inilah pembelaan yang dapat diberikan kepada at-Tayalisi.
Mempertimbangkan ke-thiqah-an dan kelamahan dalam hafalan sebagian perawinya, penulis lebih cenderung memberikan status hasan pada jalur ini. Yaitu kategori hadis yang telah memenuhi syarat kesahihan minus kesempurnaan hafalan. Penilaian ini senada dengan penilaian Shu’aib al-Arna’ut.

V.     Tilikan Matan; Membaca [Secara Inter]Teks.. Menemukan [Inter]Konteks..              
1.     Konteks Teks.. Penafsiran Generasi Awal..
Seperti telah disinggung sebelumnya, Hadis transformasi khilāfah telah dikenal oleh tokoh-tokoh penting sahabat. Selain itu dapat dengan jelas dilihat pola pesebarannya pada masa Nabi. Sebagai contoh dapat dilihat pada riwayat al-Nu‘man bin Basyir melalui jalur Salim bin Habib, juru tulis sekaligus mantan budaknya.
Diinformasikan bahwa suatu ketika Nu‘man berada di masjid bersama Basyir bin Sa‘d –ayah Nu’man dan Hudzaifah bin al-Yaman. Kemudian seorang sahabat bernama Abu Tsa’labah datang dan bertanya kepada Basyir apakah ia mempunyai Hadis yang berbicara tentang kepemimpinan. Hudzaifah yang duduk di samping Basyir menjawab bahwa dirinya punya. Kemudian dia menyebutkan Hadis transformasi khilāfah. Kepemimpinan umat pada mulanya berdasar al-nubuwwah (wahyu kenabian), kemudian digantikan oleh khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah (penerus perjuangan Nabi yang memimpin berdasar nilai-nilai kenabian), selanjutnya oleh malik ‘āddh (raja despotis), malik jabariyyah (raja tiran), dan terakhir digantikan oleh khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah (penerus Nabi yang memimpin berdasar nilai-nilai kenabian). Sabda Nabi dalam matan Hadis diakhiri dengan redaksi tsumma sakata (kemudian Hudzaifah/Rasulullah diam). Kemudian, matan ini disambung dengan informasi lain tentang penyampaian redaksi Hadis kepada khalifah Umar bin Abd al-‘Aziz. Hal ini dilakukan Salim bin Habib melalui surat yang dititipkannya kepada Yazid bin al-Nu‘man bin Basyir, yang kebetulan sedang menjadi orang dekat khalifah. Diberitakan bahwa khalifah Umar merasa senang mendengar Hadis tersebut.[17]
Narasi lain ditemukan dalam riwayat Abu Tsa’labah. Ia menginformasikan bahwa dia menemui Nabi saw. dan minta direkomen seorang guru yang terbaik menurut beliau. Nabi menyarankan agar dia menemui Abu Ubaidah bin al-Jarrah. Saat bertandang, Abu Tsa’labah melihat Abu Ubaidah sedang berbincang dengan Basyir bin Sa‘d, bapak al-Nu‘man bin Basyir. Setelah berbincang sedikit, Abu Ubaidah membacakan satu sabda Nabi tentang transformasi pola kepemimpinan dari nubuwwah-khilāfah-mulk-jabariyyah.  Dalam riwayat Abu Ya’la disebutkan Abu Tsa’labah bertandang kepada Abu Ubaidah dan menjumpainya sedang berbicara dengan Mu’adz bin Jabal.
Dalam riwayat al-Thabrani didapati Mu’adz bin Jabal mempunyai riwayat tentang transformasi khilāfah disertai tambahan rentang waktu masing-masing fase. Di mana masing-masing berusia tiga puluh tahunan. Majid, kakek Qais bin Jabir meriwayatkan akan datangnya para khalifah (al-khulafā), kemudian umarā, raja-raja (al-mulūk), para diktator (al-jabābirah) dan keluarga Nabi yang diramalkan akan menjadi pemimpin yang adil. Sedangkan riwayat Ibnu Abbas bermuatan lebih umum dibanding yang lain.
Hadis-hadis tentang transformasi khilāfah memang beragam. Baik tentang tahapan, karakteristik para penguasanya, maupun jangka waktu tiap fasenya. Namun, dapat ditarik garis umum tentang fenomena transformasi tersebut. Terdapat indikasi kuat bahwa narasi-narasi Hadis terjadi pada era Madinah. Melihat pola dialog dan muatan matan yang berkaitan dengan formasi kepemimpinan, di mana isu semacam itu tidak mungkin diwacanakan pada era Mekah mengingat belum adanya tantangan-tantangan akan keberakhiran dominasi politik. Indikasi lainnya, Hadis itu muncul pada akhir masa hidup Nabi saw. Paling tidak untuk memberikan bimbingan kepada para sahabat untuk menghadapi masa-masa penuh kekacauan.
Narasi Hadis masuk dalam kategori apa yang disebut para ulama sebagai ahādits al-fitan, al-malāhim wa asyrāth al-sā‘ah (Hadis-hadis tentang kekacauan, perang dan tanda akhir zaman). Terdapat banyak Hadis-hadis sejenis, dan kebanyakan merupakan ramalan-ramalan Nabi terhadap masa depan umatnya (Hadis-hadis futurologis). Di satu sisi, Hadis-hadis tersebut dipahami para ulama sebagai bagian dari keistimewaan Nabi (sebagaimana dipakai ulama untuk menunjukkan keistimewaan al-Quran).[18] Dan para ulama yang percaya terhadap Hadis selalu mencoba melakukan “kontekstualisasi” terhadap fenomena yang berkembang di zamannya. Terutama ketika mereka menghadapi masa-masa krisis, kondisi sosial politik ekonomi yang buruk dan penuh kekacauan. Suatu kondisi yang menuntut seseorang menaruh harapan akan datangnya perubahan menuju situasi yang lebih baik. Praktik paling awal dapat ditemukan dalam fenomena Salim bin Habib pada era kepemimpinan Umar bin ‘Abd al-‘Aziz (61-101 H.). Rupanya, Habib bin Salim menilai kepemimpinan politik sebelum Umar sebagai kepemimpinan yang tiran-despotik. Menurutnya, kepemimpinan Umar merupakan perwujudan khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah sebagaimana diramalkan Nabi. Abd al-‘Aziz menjadi khalifah pada rentang 99 H. hingga 101 H. hampir satu abad setelah meninggalnya Nabi saw. Panafsiran ini kemungkinan didasarkan pada teks lain yang menyatakan masing-masing fase berkisar  30-an tahun. Dan pemerintahan Umar merupakan fase ketiga atau keempat dalam tahapan transformasi kepemimpinan. Selain itu, para ulama mencatat reputasi yang cukup baik dari cicit Bani Umayyah ini, di tengah penilaian yang buruk terhadap kepemimpinan keluarga Umayah yang umumnya bersifat despotik. Kehadiran Umar bin Abd al-Aziz rupanya membuat  Habib bin Salim berharap bsar, sehingga ia rela menafsirkan demikian.


2.     Konteks Klasik.. Penafsiran Abad Pertengahan..
Penafsiran yang jauh berbeda diutarakan oleh Mulla Ali al-Qari (1014 H.),[19] hampir seribu tahun kemudian. Ia menafsirkan bahwa khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah hanya terjadi pada era turunnya Isa alaihi al-salām dan al-Mahdi rahimahu Allah. Menurutnya, bisa jadi subjek dari kata takūnu dalam redaksi tsumma takūna khilāfah adalah nubuwwah (kenabian), al-hukūmah (negara), atau al-imārah (kepemimpinan). Artinya, kenabian, negara, atau kepemimpinan akan berganti menjadi model khilāfah. Khilāfah sendiri diartikan Ali al-Qari sebagai penggantian peran secara substansial (al-niyābah al-haqīqiyyah). Sedangkan minhāj al-nubuwwah berarti metode kepemimpinan yang sesuai dengan metode kepemimpinan berlandaskan wahyu kenabian, baik dalam format maupun substansinya (thariqatuha al-shuwariyyah wa al-ma’nawiyyah). Dan hal itu hanya dapat terjadi ketika umat ini dipimpin oleh Isa As. dan Imam Mahdi. Kepemimpinan Isa dan al-Mahdi dipandang sebagai khilāfah ‘ala minhaj al-nubuwwah (kepemimpinan yang sesuai dengan kepemimpinan Nabi saw.) adalah karena ditegakkannya keadilan secara penuh di dalamnya (min kamāl al-‘adālah).[20] Sepertinya, yang dimaksud dengan kepemimpinan kenabian menurut al-Qari adalah kepemimpinan yang ditegakkan di atas pilar keadilan.

3.     Konteks Modern.. Penafsiran Kontemporer.. Sebuah Pertarungan Ideologis..
Pada era modern, muncul kelompok yang menamakan dirinya Hizhut Tahrir (Partai Pembebasan). Misi utamanya adalah mendirikan khilāfah. Sebuah sistem politik yang diyakini khas Islam dan bersifat global. Sistem ini diperhadapkan dengan sistem dominan dan dipakai di banyak negara. Mereka meyakini bahwa selain khilāfah, adalah sistem kufur. Termasuk di antaranya adalah demokrasi. Di sini, khilāfah mengalami ideologisasi tingkat tinggi. Ideologisasi dapat dilihat pada konseptualisasi, pengembangan sistem sosial politik, ekonomi, militer dan kebudayaan tertentu, dan pada akhirnya menjadi gerakan yang dilakukan secara sistematis dan terorganisir. Yang untuk selanjutnya, dikonfrontasikan dengan sistem ideologi lain. Hal ini tentu merupakan fenomena pertarungan khas dunia modern. Terkait dengan hadis transformasi khilāfah, maka posisi mereka adalah sebagai kelompok yang mengklaim akan mendirikan khilāfah yang dijanjikan.  
Penafsiran lain diutarakan oleh Idrus Ramli dalam buku Hadis-Hadis Khilafah. Terkait dengan Hadis transformasi khilāfah, ia mengemukakan bahwa Hadis-hadis tersebut bukan dalam konteks perintah. Sehingga tidak ada kewajiban memperjuangkan berdirinya khilafah. Hadis tersebut hanya sebagai bentuk kabar gembira dari Nabi saw. (bisyārah min al-nabiyy). Sekaligus menunjukkan keistimewaan beliau tentang fenomena yang akan terjadi (al-umūr al-ghaibiyyah). Sekalipun penulis buku tersebut tidak bermaksud memusuhi kelompok yang melakukan ideologisasi atas Hadis tersebut, namun kenyataannya buku itu berisi kritikan terhadap mereka. Tentu saja hal ini menempatkan buku tersebut dalam konteks counter of discourse ideologi. Hanya dengan menyatakan Hadis tersebut berfungsi sebagai bisyarah, bukan perintah, maka sejujurnya buku tersebut ingin menegasikan proyek ideologisasi yang dibawakan oleh kelompok khilafah.
Dari sini kita dapat melihat bagaimana model pesebaran Hadis di atas mengikuti pola politik yang sedang berkembang. Pesebaran Hadis berkelindan dengan pandangan politik masing-masing tokoh , baik pada masa klasik maupun kontemporer. Penafsiran pun dapat berbeda antara satu masa dengan masa selanjutnya. Ideologi seakan tidak bisa dilepaskan dari pembacaan teks.

VI.     Bagaimana Memahami Hadis Transformasi?
1.     Melalui Prinsip Perbandingan Teks... Muqaranah al-Ahadith wa Ma Fassarahu al-Mufassirun...  
Setelah membahas validitas Hadis, fungsi sosial politiknya, berikutnya ialah menemukan ‘makna sebenarnya’ dari Hadis tersebut. Dalam arti, makna yang diinginkan oleh pengujar kalimat tersebut sebelum ia memasuki ‘wilayah lain’, baik dalam bentuk kontekstualisasi maupun penafsiran terhadapnya.
Seperti yang diulas sebelumnya, terdapat beberapa usulan makna yang telah ditawarkan oleh para pembaca Hadis tersebut. Untuk menemukan ‘makna sebenarnya’ Ibnu Asyur menawarkan model pemaknaan maqashidi. Suatu pemaknaan yang lebih mengedepankan pencarian makna sebenarnya dari sebuah teks, sesuai konteks kemunculannya. Kemudian diambil spiritnya untuk dipakai sebagai perspektif dalam melihat fenomena yang dihadapi seorang penafsir. Atau untuk menemukan prinsip umum dari suatu teks sehingga dapat menjadi acuan dalam berperspektif. Hal ini tidak lain untuk menjadikan sebuah teks relevan untuk dirinya sekaligus kontekstual untuk kepentingan kekinian kita.
Langkah pertama ialah dengan meninjau kembali posisi pengujar. Dalam konteks apa dia mengucapkan kata-katanya. Bila al-Qarrafi menawarkan tiga kategori posisi Nabi saw. –mufti, qadhi dan imam, maka Ibnu Asyur menambahkan sembilan kategori lagi. Namun, hal ini bukan bermaksud membatasi kategori yang ada. Karena, kesembilan kategori itu merupakan hasil penelusurannya yang ditentukan oleh sejauh pengamatan yang dilakukannya. Dan tentu saja bila dilakukan penelitian lagi, akan ada banyak kategori sabda Nabi saw. Seperti yang dilakukan oleh Ibnu Hibban berabad-abad yang lalu dalam Shahih-nya yang menghitung seratus satu pola perintah dalam Hadis, atau penulis buku Af’al al-Rasul yang juga tidak kalah banyaknya. Lalu, dalam kapasitasnya sebagai apa Rasulullah mengucapkan sabdanya itu?
Berdasarkan perbandingan riwayat yang dilakukan, analisa terhadap perbedaan masing-masing riwayat yang bahkan mungkin kontradiksi satu sama lain, penulis tidak menemukan dalam konteks apa Nabi menyatakan statemen tersebut. Matan-matan yang ada hanya menyebutkan bagaimana Hadis tersebut muncul dalam dialog-dialog para sahabat. Memang, dialog antar sahabat atau sahabat dengan muridnya dapat dinilai sebagai sabab al-wurud seperti dalam pandangan Ibnu Hamzah al-Dimasyqi. Namun kita tidak dapat mengidentifikasi konteks yang paling awal jika memang informasi tersebut berasal dari Nabi saw. Beberapa riwayat menunjukkan bahwa Hadis tersebut marfu’ (Nabi sebagai subjek), namun sebagian berstatus mauquf (seorang sahabat sebagai pengujar). Di sini kita gagal mendapatkan konteks awal Hadis. Dan seperti disebutkan sebelumnya, perujukan pada konteks kedua (dalam narasi sahabat) merupakan sesuatu yang sah. Salah satunya ditemukan dalam Hadis Abu Tsa’labah yang bertanya kepada Basyir bin Sa’d apakah dia punya hafalan Hadis tentang umara’ (para pemimpin). Kemudian Hudzaifah menjelaskan sebuah Hadis transformasi khilafah. Dalam konteks apa Abu Tsa’labah menanyakan itu?
Kegagalan membaca konteks awal ini mengharuskan kita merujuk pada substansi matan. Apakah substabsi Hadis transformasi khilafah?
Bila memperhatikan keragaman riwayat, timbul pertanyaan mana yang benar di antara sekian riwayat yang ada? Sekalipun masing-masing riwayat kontradiktif, namun terdapat kesamaan isu yang dibawa Hadis tersebut; yaitu dinamisasi pola kepemimpinan. Penyebutan tiga pola, serta fase tiga puluh tahun tidak dimaksudkan sebagai pembatasan. Perubahan dari satu pola ke pola lainnya tidak dimaksudkan mengafirmasi satu pola dan menolak yang lain selama ia sejalan dengan prinsip keadilan dan kebajikan publik (kamal al-‘adalah). Juga tidak bermaksud membatasi pola kepemimpinan dalam kategori yang dicantumkan dalam Hadisnya. Karena, dalam kenyataannya, Nabi juga mengenal pola kekaisaran dan kekisraan, selain mulk atau umara. Atau sistem kesukuan, qabilah, yang merupakan sistem kepemimpinan yang populer pada masyarakat Arab saat itu. Redaksi-redaksi yang beragam itu menunjukkan bahwa Hadis tersebut diriwayatkan secara maknawi. Dengan demikian, redaksi dapat berubah selama substansinya dijaga dan dipertahankan. Hal ini berarti kemungkinan mengalami perubahan mengikuti pola perkembangan wawasan masyarakat sedemikian tinggi. Artinya, kerinduan untuk menghadirkan kembali pola kepemimpinan era Nabi yang telah mengalami ‘mitologisasi’ juga menjadi semakin tinggi dengan cara membandingkan dengan pola kepemimpinan yang sedang berkembang di lingkungan baru masyarakat muslim. Seperti yang marak akhir-akhir ini yang segera saja seseorang akan membandingkan antara pola kepemimpinan Nabi saw. dengan pola demokrasi atau komunis, disertai penilaian bahwa yang lain adalah lawan yang berkonotasi buruk. Cara pandang yang cukup biner dan terbatas. Padahal, demokrasi atau komunis tidak disebutkan dalam teks Hadis. Atas alasan apa dia dimasukkan dalam kategori yang berlawanan dengan pola nubuwwah?
Dua tokoh besar dari dua zaman yang berbeda, Habib bin Salim dan Ali al-Qari merupakan cerminan bagaimana harapan terwujudnya suatu keadilan dan kebajikan yang dapat dirasakan semua orang menjadi esensi dari Hadis transformasi khilafah. Di sisi lain, kita tidak perlu bersikap pasif terhadap fenomena ketidakadilan sosial dengan menunggu kedatangan Nabi Isa dan Imam Mahdi karena teks itu sendiri tidak menjelaskan bahwa keadilan hanya bisa diwujudkan oleh mereka berdua. Keadilan harus ditegakkan dari sekarang. Dengan demikian, tidak ada persoalan tentang pola kepemimpinan apapun yang digunakan  kaum muslimin selama ia relevan dengan tujuan prinsipil ajaran Nabi saw. Bila yang dimaksud kepemimpinan Nabi saw. adalah suatu pola yang berdiri di atas prinsip keadilan, demikian pula dengan khilafah ‘ala minhaji al-nubuwwah, maka pola kepemimpinan apapun termasuk di dalamnya demokrasi dapat tergolong sebagai pola kepemimpinan yang diinginkan Nabi saw. dengan satu catatan, selama ia berjalan di atas rel keadilan.    

VII.    Penutup
Di akhir tulisan ini, penulis hendak kembali pada persoalan pokok dalam makalah ini. Pertama, berkaitan dengan otentisitas hadis tersebut -seperti disebutkan di atas, memiliki banyak jalur periwayatan dengan kualitas sahih, hasan dan sebagian daif. Kedua, berhubungan dengan penafsiran terhadap hadis tersebut yang dapat dikelompokkan ke dalam tiga golongan. Golongan salaf, yang menafsirakn khilafah ala minhaji nubuwah sebagai kekhalifahan pada era Umar bin Abdul Aziz yang dikenal adil. Golongan kedua diwakili oleh ulama mazhab Hanafi, Mulla Ali al-Qari yang mengatakan khilafah ala minhaji nubuwwah adalah pemerintahan pada masa Imam Mahdi. Penafsiran ketiga muncul mewakili era kontemporer yang direpresentasikan oleh dua kelompok. Yaitu penafsiran ala Hizbut Tahrir yang memaknai hadis tersebut sebagai perintah teologis, dan kedua penafsiran Idrus Ramli yang menegaskan bahwa hadis khilafah bukan dimaksudkan perintah mewujudkan suatu sistem politik tertentu.

Demikian tulisan ini dibuat, semoga bermanfaat.




[1] Di antara buku yang paling banyak dirujuk untuk soal ini adalah karya Mahmud al-Thahhan, al-Takhrij wa Dirasat al-Asanid.
[2] ‘Alā’ al-Dīn ‘Ali al-Muttaqi al-Nahdi al-Burhanpuri, Kanz al-‘Umm āl fi Sunan al-Aqw āl wa al-Af’āl, (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1985), cet. Ke-5, juz 5, h.  120-121
[3] al-Hafizh Nur al-Din Ali bin Abi Bakr al-Haitsami, Majma’ al-Zawā’id wa Manba’ al-Fawā’id (Maktabah Syamilah), juz 5, h. 225-227
[4] Dalam pelacakan menggunakan softwer tersebut, digunakan kata kunci minhaj al-nubuwwah dan takūn khilāfah
[5] Ahmad bin Hanbal, Musnad Ahmad bin Hanbal, 4/273
[6] Al-Bazzar, Musnad al-Bazzar, 7/223
[7] Al-Thayalisi, Musnad al-Thayalisi, 1/349
[8] Al-Thabrani, al-Mu’jam al-Kabir, 1/159, 9/299, 16/231, al-Mu’jam al-Ausath, 9/109
[9] Al-Ashbahani, Ma’rifat al-Shahabah, 2/134, 1/20
[10] Abu Ya’la, Musnad Abi Ya’la, 2/177
[11] Al-Dzahabi, Siyar a’lām al-Nubalā’, 7/32
[12]  Shams ad-Din Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad ad-Dzahabi, Siyar A’lam an-Nubala’ (Kairo: Mu’assasah ar-Risalah, tt), juz 5, h. 406
[13] Yusuf bin al-Zaky Abdurrahman Abu al-Hajjaj al-Mizzi, Tahdzib al-Kamal, (Beirut: Dar al-Fikr, 19994), juz 5, h. 375
[14] Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma ‘il al-Bukhari, at-Tarikh al-Kabir, CD Room Maktabah Syamilah versi 3.28, juz 5, h. 242
[15] lihat dalam Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqalani, Lisan al-Mizan, CD Room Maktabah Syamilah, juz 3, h. 392.
[16] ad-Dzahabi, Siyar A’lam an-Nubala’, juz 9, h. 378
[17] Lihat lebih lengkap dalam riwayat Ahmad, al-Thayalisi, dan al-Bazzar di atas.
[18]Pada umumnya, hadis-hadis sejenis dimuat dalam tema ahādits al-fitan, al-malāhim wa asyrāth al-sā‘ah dalam tema besar bernama kutub al-akhlaq wa al-raqā’iq.Di antaran buku klasik yang mengulasnya adalah yang ditulis oleh ulama Andalus kenamaan al-Qurthubi dalam al-Tadzkirah-nyadan untuk karangan saat sekarang dapat disimak dalam buku ittihāf al-jamā‘ah bi ma jā’a fi al-fitan wa al-malāhim wa asyrāth al-sā‘ah karya Hamud bin Abdullah al-Tuwaijir. Gagasan kosmologis kaum sunni banyak yang dibangun di atas fondasi hadis-hadis tersebut. Masa depan adalah apa yang digambarkan di dalamnya. Kekacauan, perang, kemerosotan moral yang berpuncak pada kedatangan sosok Dajjal dan diakhiri dengan datangnya juru selamat, al-Masih, al-Mahdi, dan dipenuhinya dunia dengan keadilan dan kesejahteraan. Dalam kajian sosial, hal ini banyak dikaji dalam tema messianisme. Gagasan messianistik dalam hadis didasarkan atas kepercayaan yang kuat pada hadis. Hadis dipercaya sebagai wahyu, tanpa melihat kuantitas periwayatan selama memenuhi syarat kesahihan. Sekalipun didasarkan pada hadis ahad, ia wajib diamini dalam konteks hukum dan keyakinan. Tidak meyakini hadis-hadis mesianistik yang didasarkan pada pola periwayatan ahad-sahih dapat dianggap kafir menurut penafsiran paling ekstrim, seperti dapat ditemukan dalam kelompok Hanbalian. Sikap berbeda ditemukan dalam pandangan sebagian ahli ushul fiqh yang membedakan konteks pembicaraan dalam suatu Hadis. Untuk apa, kepada siapa, dan dalam kapasitasnya sebagai apa Nabi berbicara sehingga tidak seluruh Hadis Nabi muncul sebagai doktrin agama. Hadis-hadis mesianistik tentu tidak bermuatan hukum. Kecuali sebatas sebagai nasehat dan bimbingan dalam bersikap.
[19] Bernama lengkap al-Mullah ‘Ali al-Qari bin Sulthan bin Muhammad al-Harawi al-Hanafi. Lahir di Harrah dan bermukim di Mekah. Seorang ulama bermazhab hanafi ekstrim. Pengarang banyak buku sekaligus murid dari alim terkenal Mazhab Syafi’i, Ibnu Hajar al-Haitsami. Kecenderungannya yang kuat pada Mazhab Hanafi, membuatnya mengarang kitab yang menyudutkan imam-imam mazhab yang lain. Sehingga banyak ulama memfatwakan haram membaca kitab-kitabnya. Lihat biografinya dalam al-‘Ishami, Simthu al-Nujum al-‘Awali fi Anba’ al-Awa’il wa al-Tawali, 2/492, al-Zarkali, al-A’lam, 5/12
[20] al-Mulla Ali al-Qari, Mirqāt al-Mafātih Syarh Misykat al-Mashābīh, (Maktabah Syamilah), juz 15/330   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasifikasi Ilmu Menurut Osman Bakar*

Hadis Hubbul Wathan Minal Iman Itu Sahih…

Rasulullah Melarang Membunuh dengan Api